JCH Aceh Kloter 1 Diberangkatkan ke Arab Saudi Hari Ini, Suhu Panas di Madinah Capai 50 Derajat Celcius

- 24 Mei 2023, 09:57 WIB
Ilustrasi Pesawat Garuda yang Mengangkut JCH Kloter 1 Aceh
Ilustrasi Pesawat Garuda yang Mengangkut JCH Kloter 1 Aceh /

PIKIRANACEH.COM | DAERAH - Inspektur Jendral (Irjen) Kementrian Agama RI, Faisal Ali Hasyim, meminta Jemaah Calon Haji (JCH) asal Aceh untuk menjaga kesehatan fisik yang prima, agar bisa menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji secara sempurna.

Hal itu disampaikan Faisal saat pelepasan sebanyak 393 jemaah calon haji kloter 1 di Embarkasi Aceh, Selasa 23 Mei 2023 malam.

Irjen Kemenag RI Faisal Ali Hasyim saat menghadiri plepasan CJH di Aula Jeddah Embarsi Aceh, Selasa 23 Mei 2023. | Foto : KBA.ONE, Wahyuma

Faisal menyebutkan para JCH harus lebih memperhatikan kesehatan karena suhu panas. Kata dia, saat ini suhu di Madinah tidak berbanding jauh dengan Aceh yaitu 27 sampai 30 derajat. Sedangkan Makkah mendekati musim haji ini mendekati 50 derejat.

Untuk para jemaah kalau sedang ihrom diminta untuk menggunakan pelindung, seperti payung hanspray, air minum yang cukup," kata Faisal.

Sementara itu, Faisal menyebutkan untuk di Arafah upaya yang kita lakukan pihaknya ialah dengan membangun tenda baru dan pemasangan AC baru di area ibadah, sebab saat di sana jemaah betul-betul melaksanakan ibadah yang khusyuk.

"Kita juga meminta tim kesehatan untuk berpatroli untuk memeriksa kesehatan, hotelnya juga dekat sehingga kita berharap jemaah kita tidak kelelahan," jelasnya.

Kakanwil Kemenag Aceh, Azhari, mengatakan seluruh JCH sudah melakukan tahap pemeriksaan kesehatan dan administrasi lainnya, semuanya bisa berangkat karena tidak terdetiksi alami kesakitan.

"Tapi ada sebagian tadi dari jemaah ada yang kecapean, sempat ditangani di klinik kecil kami dan sekarang sudah sehat kembali jadi bisa diberangkatkan juga besok," terang Azhari.

Sementara itu, Azhari menyebutkan CJH usai manasik seluruh jemaah beristirahat di kamar asrama. Kemudian pukul 02.00 WIB, akan dibangunkan lalu pukul 05.00 WIB, diberangkatkan ke bandara. (***)

Editor: Mustakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah