BREAKING NEWS: Hasil Pilpres Turki, Erdogan Menang

- 28 Mei 2023, 23:45 WIB
/Foto. Net

PIKIRANACEH.COM - Penghitungan suara pilpres Turki berlangsung pada Ahad 28 Mei 2023 malam. Turki tak menjalankan exit poll. Namun, hasil awal diharapkan bisa diketahui beberapa jam setelah tempat pemungutan suara tutup pada pukul 17.00 waktu setempat.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meraih suara terbanyak dalam pemilu presiden Turki pada hari Minggu 28 Mei 2023. Erdogan meraih 52,1% suara dibandingkan dengan pesaingnya Kemal K l çdaro lu yang memperoleh 47,8%.

Penghitungan ini berdasarkan hasil tidak resmi secara nasional, seperti laporan Anadolu pada Senin 29 Mei 2023.

Kepala Komisi Pemilihan Umum Turki (YSK) Ahmet Yener mengumumkan Erdogan terpilih kembali sebagai presiden sesuai dengan hasil awal.

"Berdasarkan hasil sementara, telah ditentukan bahwa Recep Tayyip Erdogan terpilih sebagai presiden," kata Ketua Dewan Pemilihan Tertinggi Ahmet Yener seperti dikutip AFP dari kantor berita negara Anadolu pada Senin 29 Mei 2023.

Hasil awal tersebut didasarkan pada sekitar 99,85% kotak suara yang dibuka dan menunjukkan tingkat partisipasi pemilih sebesar lebih dari 84,2%.

Per 03.15 WIB pada Senin 29 Mei 2023 waktu Jakarta, dengan 99,8% kotak suara dihitung dan 53,1 juta suara sah, Erdogan memimpin dengan 27,7 juta suara sementara Kilicdaroglu 25,4 juta suara.

Erdogan meminta komisi pemilu menjaga semua kotak suara hingga penghitungan suara tuntas. Dalam pernyataannya di Twitter, ia menyampaikan terima kasih ke semua pihak yang rela bekerja di tempat-tempat pemungutan suara sejak pagi buta. 

‘’Saya meminta saudara saya menjaga kotak-kotak suara hingga penghitungan selesai. Saat ini waktunya melindungi kehendak bangsa kita hingga momen terakhir,’’ kata Erdogan seperti diberitakan laman Anadolu. 

Presiden Supreme Election Council Ahmet Yener menyatakan tak ada kejadian minor selama proses pemungutan suara. ‘’Semua aduan telah ditangani pihak terkait dan saya berterima kasih kepada mereka yang telah membantuk menyukseskan pemilu ini.’’

Setelah memberikan suara di Istanbul, Erdogan menyatakan ini pertama kalinya putaran kedua pilpres terjadi di Turki. Ia juga gembira partisipasi pemilu termasuk tinggi. Sementara, Kilicdaroglu menyatakan, pilpres ini berlangsung dalam situasi sulit. 

Menurut dia, banyak sekali fitnah dan penghinaan yang ia alami selama proses pemilu. ‘’Namun saya percaya, demokrasi akan menjelma, demikian pula kebebasan. Kelak warga Turki bisa bebas mengkritik para politisi,’’ katanya. 

Patahkan prediksi politik

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x