Ternyata Kemenangan Erdogan di Pilpres Turki Ada Peran Elon Musk

- 29 Mei 2023, 18:24 WIB
/Foto. Reuters

PIKIRANACEH.COM - Kandidat petahana Recep Tayyip Erdogan resmi memenangkan pemilihan umum putaran kedua sebagai Presiden Turki. Dengan begitu, Erdogan kini memasuki dekade ke-3 sebagai penguasa di Negara Gerbang Timur dan Barat tersebut.

Namun, ternyata ada peran miliarder Elon Musk dalam pemenangan Erdogan. Dikutip dari Insider, Senin (29/5/2023), kemenangan Erdogan terjadi beberapa hari setelah berbagai tweet yang mengkritisi dirinya diblokir dari Twitter, platform yang dimiliki Musk.

Hal tersebut diungkap Dr. Tugrulcan Elmas, periset yang fokus pada manipulasi media sosial di Indiana University Bloomington. Menurut dia, tim oposisi pun kesusahan untuk menjangkau audiens mereka di Twitter akibat pemblokiran tersebut.

Lebih lanjut, Elmas mengatakan ada beberapa akun Twitter yang ruang geraknya dibatasi jauh sebelum pemilu. Terutama akun milik orang-orang yang berafiliasi politik dengan tim oposisi.

Sebagai informasi, belakangan Elon Musk dan Erdogan dilaporkan makin intens berinteraksi. Hal ini terkait fitur berbayar Twitter Blue, yang mengharuskan pengguna berlangganan untuk memperoleh verifikasi centang biru.

Dilaporkan Reuters, Erdogan sesumbar akan bernegosiasi dengan Musk agar tak perlu membayar langganan sebesar US$ 8 per bulan untuk mendapat centang biru.

Diketahui, Erdogan memenangkan pemilu putaran kedua dengan meraup 52% suara. Sementara itu, Kemal Kilicdaroglu yang merupakan penantang hanya memperoleh 48% suara.

Sesaat setelah terpilih, Erdogan mengucapkan terima kasih kepada semua masyarakat yang percaya pada dirinya untuk memimpin 5 tahun lagi.

"Satu-satunya pememang hari ini adalah warga Turki," ujarnya. ***

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x