Pernah Dipenjara Gegara Puisi, Ini Profil Lengkap Erdogan, Pemimpin Terlama Turki, Kalahkan Kemal Ataturk

- 29 Mei 2023, 23:22 WIB
/Erdogan Menangi Pilpres Turki Putaran Kedua/Foto. REUTERS/UMIT BEKTAS

PIKIRANACEH.COM - Recep Tayyip Erdogan kembali bertahta di Turki setelah memenangkan putaran kedua pemilihan presiden (pilpres) 28 Mei lalu. Erdogan berhasil mengumpulkan perolehan suara sekitar 52,14 persen, dan membuatnya akan menjadi pemimpin terlama di negara Transkontinental itu.

Erdogan yang telah berkuasa selama 20 tahun akan melanjutkan kepemimpinannya sebagai presiden hingga 2028.

Sebelumnya, pilpres putaran pertama yang digelar pada 14 Mei gagal menentukan capres pemenang. Karena saat itu tidak ada capres yang mampu mencapai perolehan suara di atas 50 persen.

Diketahui Erdogan unggul tipis dengan selisih lima poin atas capres oposisinya yaitu Kemal Kilicdaroglu. Pada putaran pertama Erdogan meraup suara 49,5 persen sementara Kilicdaroglu meraup 44,9 persen suara.

Pada putaran kedua Pilpres Turki 28 Mei kemarin, Erdogan memimpin persaingan dengan meraih 52,3%, sementara Kemal Kilicdaroglu meraih 47,7 persen dari total suara suara yang telah dihitung sebanyak 96 persen.

Berikut ini profil lengkapnya yang dirangkum detikSulsel dari berbagai sumber.

Profil Recep Tayyip Erdogan

Melansir dari laman Presidency Of The Republic Of Turkiye, Recep Tayyip Erdogan merupakan presiden ke-12 Turki. Erdogan lahir di Istanbul, Turki pada tanggal 26 Februari 1954.

Ia merupakan putra dari pasangan Ahmet Erdogan dan Tenzile Erdogan. Ia dibesarkan oleh kedua orang tuanya di sebuah kota kecil dekat pesisir Laut Hitam bernama Rize.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x