Darimana Ide Air Minum Kemasan Tercetus?

- 30 Mei 2023, 09:09 WIB
Ilustrasi air minum Kemasan
Ilustrasi air minum Kemasan /

PIKIRANACEH.COM | NASIONAL - Air minum dalam kemasan kini menjadi produk yang lumrah. Namun, bagaimana bisa ide ini tercetus? Dan bagaimana pula reaksi pasar ketika pertama kali disodori air minum dalam kemasan, padahal air di rumahnya sendiri melimpah ruah dan bisa didapatkan secara gratis?

Penolakan adalah reaksi awal masyarakat ketika diberi minuman dalam kemasan botol. Produk ini dinilai aneh karena mereka terbiasa minum air sumur yang dimasak terlebih dahulu. Logisnya, jika hanya tinggal ambil di sumur dan merebusnya, kenapa harus beli?

Nah, pemikiran masyarakat tentang air minum kemasan pada awalnya inilah yang sempat membuat ide bisnis Aqua dianggap sebagai ide gila.

Perjalanan Panjang Aqua

Sebagai pelopor air minum daam kemasan pertama di Indonesia, sangat wajar jika Aqua memiliki perjalanan yang panjang dan sulit. Ide dari Tirto Utomo,pendiri Aqua ini bahkan sempat dianggap sebagai ide yang tidak realistis.

Tirto Utomo merupakan pria kelahiran Wonosobo, 8 maret 1950. Awalnya, ia bekerja di Permina atau perusahaan minyak negara (kini berubah nama menjadi pertamina). Jabatannya cukup elit, yaitu Kepala divisi hukum dan penjualan luar negeri.

Memiliki jabatan yang lumayan di perusahaan besar membuat Tirto Utomo sering bepergian ke luar negeri. Bahkan, jika dihitung 9 bulan dari setahun dihabiskan di luar negeri.

Terbiasa melancong ke negeri orang, Tirto Utomo memiliki pengetahuan yang luas tentang kehidupan di luar Indonesia. Ia memahami jika bule tidak terbiasa minum air sumur yang direbus, melainkan minum air bersih yang steril.

Pengetahuan Tirto Utomo tentang kebiasan minum bule ini diperkuat dengan kejadian fatal yang menimpa kliennya. Saat itu, tepatnya di tahun 1971, ia ditugaskan melakukan negosiasi kontrak kerjasama dengan perwakilan Amerika di Jakarta. Pertemuan hampir berantakan karena istri salah satu delegasi diare akibat minum air yang disediakan. Hasil pemeriksaan, air yang dikonsumsi ternyata kurang bersih.

Halaman:

Editor: Mustakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x