Membeludak, HPM Tutup Pemesanan Honda Civic Type R

- 30 Mei 2023, 22:30 WIB
Foto: PT Honda Prospect Motor (HPM), Meluncurkan Mobil Terbaru Honda Civic Type-R
Foto: PT Honda Prospect Motor (HPM), Meluncurkan Mobil Terbaru Honda Civic Type-R /PT Honda Prospect Motor/

PIKIRANACEH.COM - Honda Civic Type R generasi terbaru yang meluncur di Indonesia April lalu diklaim pabrikan mendapat respons tinggi. Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy menyatakan bahwa jumlah angka pesanan yang masuk melebihi kuota awal.

"Honda Civic Type R luar biasa, sudah melebihi alokasi 100 unit, 114 unit, naik drastis dari generasi sebelumnya yang kami jual sejak 2017. Jadi kami tutup sementara pemesanan nomor rangka 2023 ini jadi kami buka lagi Juli untuk nomor rangka 2024," kata Billy di Sirkuit Mandalika, Lombok, Selasa (30 Mei 2023).

Selebihnya kata Billy, para pemesan di luar alokasi awal akan masuk ke kuota unit dengan nomor rangka tahun 2024. Distribusi unitnya disesuaikan dengan jumlah pesanan yang masuk, sebab proses mendatangkannya tidak sekaligus.

"Ada beberapa customer yang telah memesan kami mundurkan ke 2024, peminat FL5 ini sangat tinggi. Kita ada beberapa konsumen itu sangat beruntung yang sudah kami delivery dan kini antreannya sangat panjang," tambahnya.

Honda Civic Type R paling kekinian (gen 6) yang dijual HPM menggunakan kode bodi FL5, menggunakan basis Civic generasi ke-11. Debut globalnya dilakukan pada Juli 2023 lalu dan merupakan kendaraan yang diproduksi di pabrik Honda di Yorii, Saitama, Jepang.

Setelah resmi mengaspal, Honda Civic Type R FL5 langsung digeber di sirkuit Suzuka dan Nurburgring. Hasilnya, model ini kembali menjadi hatchback dengan roda penggerak depan tercepat berdasarkan pencatatan waktu lap. Artinya Honda Civic Type R terbaru mendobrak rekor generasi sebelumnya.

HPM melepas ke pasaran dengan banderol Rp 1,399 miliar. Dapur pacunya mengemas mesin bensin 2.000 cc VTEC Turbo yang bisa memproduksi tenaga hingga 314 dk pada 6.500 rpm dan torsi maksimum 420 Nm yang didapat pada rentang 2.600-4.000 rpm dan dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan.

Berdasarkan catatan internal perusahaan, bekal jantung mekanis itu membuat Honda Civic Type R bisa melesat dari diam hingga kecepatan 100 km/jam dalam hitungan 5,5 detik. Lalu kecepatan puncak yang bisa diraih mencapai 272 km/jam.

Kemampuan Honda Civic Type R meliuk di lintasan balap juga dipengaruhi oleh penyesuaian suspensi, kemudi, dan profil dumper untuk menghasilkan performa berkendara yang dinamis. Ada 4 mode berkendara di mobil: Comfort, Sport, +R, dan Individual. ***

Editor: Teuku Ikhwana


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x