Tgk Maulidin Terpilih Rais Am Hathar Aceh Utara

- 1 Juni 2023, 18:28 WIB
Tgk Maulidin
Tgk Maulidin /

PIKIRANACEH.COM | DAERAH - Aceh Utara (31/5) Siiring berakhirnya masa kepengurusan Harakah Thalabah Aceh Utara (HATHAR) adakan Muktamar Pertama di Dayah Madinatuddiniyah Darul Aman Paya Kambuek Meurah Mulia Aceh Utara. Ada tiga agenda utama muktamar yaitu laporan pertanggungjawaban, pengesahan perubahan AD ART dan pemilihan Rais Am atau Ketua Umum baru.

Baca Juga: TERBARU, Lowongan Kerja Bank Syariah Rahmania, Bireuen, Daftar Disini, Berikut Syaratnya

Acara diawali dengan serangkaian acara seremonial kemudian dilanjutkan dengan agenda inti Muktamar yang dipimpin oleh Tgk Jamaluddin sebagai presidium sidang pertama, Tgk. M. Husni sebagai presidium sidang kedua dan Tgk. Muhib sebagai presidium sidang tiga. Agenda pertama laporan pertanggungjawaban pengurus disampaikan oleh Rais Am HATHAR Tgk. Zulfirman T. Ismail.

Dalam laporannya beliau ada 19 program yang berhasil dilaksanakan diantaranya pengajian di pedalaman Aceh Utara, pembangunan Dayah HATHAR di Suka Damai Geuredong Pase, peringatan hari santri nasional, anak asuh HATHAR. Adapun program yang belum terwujud diantaranya training kader dan kantor HATHAR.

Baca Juga: TERBARU, Lowongan Kerja Bank Syariah Rahmania, Bireuen, Daftar Disini, Berikut Syaratnya

Selanjutnya pengesahan perubahan AD ART diantara yang diubah adalah masa jabatan dari sebelumnya lima tahun dipangkas hanya tiga tahun dengan dasar pemikiran untuk mempercepat proses kaderisasi karena HATHAR adalah organisasi kader. Kemudian dilanjutkan agenda terakhir yaitu pemilihan Rais Am HATHAR. Ada tiga calon Rais Am HATHAR Tgk. Maulidin , Tgk. Safriadi, dan Tgk. Safruddin.

Ada yang hal yang unik dalam sistem pemilihan Rais Am HATHAR yang berbeda pada umumnya dengan organisasi lain yaitu Rais Am dipilih oleh Ahlul Halli Wal Aqdi atau Dewan Pemilih yang terdiri dari sembilan orang ulama. Jadi pengurus tidak punya hak memilih tetapi hanya punya hak dipilih. Hal ini dilakukan mencegah terjadinya perpecahan alumni Dayah yang berbeda-beda dalam mengumpulkan suara.

Baca Juga: Detik-detik Rudal Jatuh Nyaris Hantam Mobil di Jalan Raya Kiev, Ukraina

Hasil musyawarah Ahlul Halli Wal Aqdi memutuskan dan menetapkan Tgk. Maulidin, SH sebagai Rais Am HATHAR periode 2023 - 2026.

Halaman:

Editor: Mustakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x