Sekolah Islam Terpadu Punya Peranan Penting Melahirkan Karakter Bangsa Sejak Dini

- 1 Juni 2023, 20:20 WIB
Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar saat memberikan sambutan pada acar Tasyakur Akbar SD IT Nurul Ishlah dan SMP IT Nurul Ishlah di Gedung AAC Dayan Dawod, Darussalam, Kamis (1/6/2023)
Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar saat memberikan sambutan pada acar Tasyakur Akbar SD IT Nurul Ishlah dan SMP IT Nurul Ishlah di Gedung AAC Dayan Dawod, Darussalam, Kamis (1/6/2023) /Hamdani/

PIKIRANACEH.COM - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar mengatakan, pendidikan Islam Terpadu (IT) tidak hanya fokus pada pengajaran tapi juga berperan mentransfer kesalehan bagi anak sejak usia dini khususnya dalam melahirkan karakter bangsa.

Hal itu disampaikan Farid Nyak Umar saat membuka kegiatan Tasyakur Akbar atau Wisuda Murid Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Ishlah dan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Nurul Ishlah Banda Aceh yang digelar di Gedung ACC Dayan Dawood, Darussalam, Kamis (1/6/2023).

Baca Juga: Harga Ikan di PPS Kutaraja Lampulo Masih Stabil

"Kurikulum pendidikan Islam terpadu dikemas dengan baik, sehingga para murid tidak hanya mendapatkan materi pelajaran tapi mereka juga dididik membentuk karakter dengan akhlak yang mulia (karimah) pada diri mereka sejak usia dini," kata Farid.

Farid mengatakan, dalam membentuk karakter sang anak diperlukan peranan orang tua sebagai pionir utama dalam pendidikan, kemudian dilanjutkan dengan pemilihan instansi pendidikan formal untuk menunjang pembentukan karakter tersebut.

Hingga ia menjadi generasi bangsa yang cerdas dengan berkepribadian yang luhur. Artinya pendidikan karakter menjadi tonggak utama dalam pendidikan Islam Terpadu, di samping ia belajar mengasah kemampuan akademiknya. Apalagi di tengah arus informasi dan teknologi yang sangat cepat merambah dunia anak.

Oleh karenanya ia mengajak seluruh orang tua agar tidak abai dan lengah dari pengaruh buruk perkembangan globalisasi.

Menurut Farid, orang tua perlu mengawasi dan mengarahkan agar anak tersebut memiliki benteng dalam menolak pengaruh buruk dan mengambil baiknya.

Baca Juga: PJ Bupati Aceh Barat Bagikan 2 Ton Ikan Bantuan Pemerintah Aceh untuk Masyarakat Terdampak Inflasi

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x