Kasus HIV/AIDS Meningkat di Aceh Pasca Covid-19, Terjangkit Pada Kelompok Usia Muda

- 2 Juni 2023, 23:40 WIB
Ilustrasi HIV/Aids
Ilustrasi HIV/Aids /Ist/

PIKIRANACEH.COM | DAERAH - Komunitas atau kelompok Lelaki Seks Lelaki atau LSL di Aceh, menjadi faktor utama kasus tersebut meningkat tajam.

Terbukti dari data Dinas Kesehatan Aceh, laki – laki usia 20 hingga 45 tahun penyumbang terbesar kasus HIV/AIDS di aceh, atau sekitar 80 hingga 90 persen dari total penderita HIV/AIDS.

Selain komunitas LSL, Dinas Kesehatan juga meminta agar kelompok seperti penjaja seks, waria, warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan, pasien TBC dan pengguna narkotika suntik, diwajibkan memeriksakan diri setiap tahun, agar penderita HIV/AIDS dapat segera ditangani.

Saat ini ada sebanyak 59 fasilitas kesehatan di seluruh Aceh, sudah mampu menangani penderita HIV/AIDS, bahkan juga dapat memberikan layanan konseling kepada penderita.

Selain itu, Dinas Kesehatan juga mulai gencar melakukan sosialisasi ke sekolah – sekolah, serta pendekatan ke tokoh masyarakat dan juga ulama, agar dapat langsung memberikan pemahaman tentang penyakit HIV/AIDS kepada orang tua dan juga masyarakat.

Editor: Mustakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x