Arti dari Kabupaten Bireuen, Awal Mula Nama dan Asal Usul Nama Bireuen: Bayar Cash, Kebajikan

- 4 Juni 2023, 00:35 WIB
Kota Bireuen di Malam Hari
Kota Bireuen di Malam Hari /Foto. Net

PIKIRANACEH.COM - Kabupaten Bireuen adalah salah satu kabupaten di Aceh, Indonesia. Kabupaten ini beribukotakan di Bireuen Kabupaten ini menjadi wilayah otonom sejak 12 Oktober tahun 1999 sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Utara.

Kabupaten ini terkenal dengan julukan kota juangnya, namun sempat menjadi salah satu basis utama Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Semenjak diberlakukannya darurat militersejak bulan Mei 2003, situasi di kabupaten ini berangsur-angsur mulai kembali normal, meski belum sepenuhnya.

Walau telah lama berperang dengan Aceh, Belanda baru menguasai Aceh secara de facto pada tahun 1904, ketika jatuhnya Kuta Glee(benteng) di Batee Iliek-sekarang bagian dari Kecamatan Samalanga.

Dikutip dari berbagai sumber, Pada 7 September 1934, sesuai SK Vonder Gouvernemet General van Nederland Indie, Aceh dibagi menjadi enam afdeeling (setingkat kabupaten).

Salah satunya adalah Afdeeling Noord Kust van Aceh (Aceh Utara) yang dibagi lagi menjadi tiga onder afdeeling yaitu Onder Afdeeling Bireuen, Onder Afdeeling Lhokseumawe dan Onder Afdeeling Lhoksukon.

Jauh sebelum Bireuen diangkat menjadi onder afdeeling --sejajar Kewedanan-nama Bireuen sudah menggema sebagai salah satu permukiman yang cantik dipandang mata serta strategis.

Di balik kisah daerah yang dijuluki Kota Juang, asal muasal nama Bireuen pun terus menuai polemik.

Setidaknya ada tiga haba jameun (kisah lampau) tentang riwayat nama Bireuen.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x