Erick Thohir dan Ridwan Kamil Bersaing di Kursi Cawapres

- 5 Juni 2023, 10:47 WIB
Foto: Kolase Ridwan Kamil, Erick Thohir, AHY
Foto: Kolase Ridwan Kamil, Erick Thohir, AHY /


PIKIRANACEH.COM - Nama Erick Thohir dan Ridwan Kamil bersaing tipis dalam bursa calon wakil presiden berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia.

Dalam simulasi 12 nama calon wakil presiden, Menteri BUMN dan Gubernur Jawa Barat itu mendapat skor yang sama 14,8 persen.

Kemudian Sandiaga Uno 12 persen; Mahfud MD 11,8 persen, AHY 7,2 persen, Gibran 5,8 persen, dan Airlangga Hartarto 4,1 persen.

Skor itu tidak berbeda jauh jika simulasi diperkecil menjadi 18 nama cawapres. Namun nama Mahfud naik di atas Sandi.

"Jadi saya ingin meng-highlight sedikit, Pak Erick ada tren kenaikan Ridwan Kamil, ada tren penurunan. Mahfud MD tren naik, Sandi tren turun, AHY tren turun. Jadi survei terakhir ini ada dua tren positif Erick dan Mahfud Md setahu saya Mas Gibran stagnan, kemudian Ridwan Kamil sedikit turun, Sandi turun, AHY turun," kata peneliti utama Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi, dalam konferensi pers secara virtual, Minggu, (4 Juni 2023).

Burhanuddin menjelaskan, elektabilitas Erick Thohir tak lepas dari keberhasilan tim nasional sepak bola Indonesia yang berhasil membawa pulang emas pada SEA Games 2023. Erick dianggap berhasil sebagai Ketua PSSI.

Bahkan, elektabilitas Erick itu juga memasukkan namanya pada bursa calon presiden di luar dari 3 nama yang paling santer di publik: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

"Di luar 3 nama itu, ada kejutan Erick Thohir agak lumayan ini, dari 2 persen menjadi 5 persen [...] salah satunya adalah faktor bola, ya," kata Burhanuddin.

"Tapi jarak antara Erick Thohir dengan 3 nama teratas masih jauh dari top three, meskipun ada kenaikan tapi belum mampu menggoyahkan top three," lanjut Burhanuddin.

Tapi pada bursa cawapres, nama Erick memuncaki klasemen meski bersaing dengan Sandi. Selain faktor sepak bola, kenaikan elektabilitas Erick Thohir juga tak bisa lepas dari keberhasilannya mengetuai sejumlah event internasional di Indonesia hingga kemudian kinerja sebagai Menteri BUMN.

Halaman:

Editor: Teuku Ikhwana


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x