Kawal Hak Pilih, Panwaslih Aceh Sosialisasi dengan Etnis Tionghoa di Kota Langsa

- 5 Juni 2023, 13:14 WIB

PIKIRANACEH.COM | DAERAH - Panwaslih Tamiang gelar sosialisasi kawal hak pilih bagi etnis Tionghoa di Aceh Tamiang, Minggu, 4 Juni 2023.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri, oleh Maitanur Kordiv Pencegahan Partisipasi masyarakat dan Humas serta turut didampingi oleh Kabag Pengawasan Panwaslih Aceh Yudi Ferdiansyah Putra, S.STP., MSP.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut Warga Tionghoa adalah sekelompok masyarakat di Indonesia yang terdapat di banyak tempat, di Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Tamiang Kelompok masyarakat Tionghoa telah lama hidup rukun berdampingan dengan masyarakat lokal setempat sebagaimana umumnya di kawasan masyarakat suku setempat yang berdampingan hidup dengan masyarakat Tionghoa.

 

Bahkan sejumlah kota di daerah orang melayu nampak bangunan pertokoan lama yang berarsitektur khas Tionghoa yang menunjukan bahwa perbauran ini sudah berlangsung lama.

Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Tamiang merupakan Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh yang masyarakatnya sangat majemuk dan multikultural.

Panwaslih menjelaskan bahwa hak pilih adalah hak setiap warga negara, yang dijamin oleh konstitusi, semuanya mendapatkan hak dan perlakuan yang sama dalam Pemilu tanpa diskriminasi tanpa membedakan suku, ras, golongan dan agama.
Panwaslih menjelaskan bahwa hak pilih adalah hak setiap warga negara, yang dijamin oleh konstitusi, semuanya mendapatkan hak dan perlakuan yang sama dalam Pemilu tanpa diskriminasi tanpa membedakan suku, ras, golongan dan agama.


Selain itu, Kabupaten/Kota ini juga berdekatan dengan Provinsi Sumatera Utara, hal inilah yang menjadikan komponen masyarakat Tionghoa sebagai salah satu objek yang menjadi perhatian dalam program kawal hak pilih utuk pelaksanaan Pemilu 2024.

Untuk program kawal hak pilih ini, Panwaslih Provinsi Aceh bersama Panwaslih Kabupaten/Kota melakukan kegiatan “jemput bola” langsung ke masyarakat melalui kegiatan patroli yang bertujuan melakukan sosialisasi dan memastikan warga telah terdaftar sebagai pemilih, agar hak pilih setiap warga negara terjaga.

Dihadapan sejumlah warga Tionghoa yang berkumpul disalah satu warung kopi tua di tengah-tengah kota, Minggu (04/06/2023) Panwaslih menjelaskan bahwa hak pilih adalah hak setiap warga negara, yang dijamin oleh konstitusi, semuanya mendapatkan hak dan perlakuan yang sama dalam Pemilu tanpa diskriminasi tanpa membedakan suku, ras, golongan dan agama.

Kehadiran jajaran Panwaslih dan berjumpa dengan komponen masyarakat Tionghoa selain bersilaturrahmi antar sesama anak negeri juga ingin memastikan bahwa saudara kami warga Tionghoa telah terdaftar sebagai pemilih, mengajak dan menghimbau untuk turut serta menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2024 serta menjadi mitra Panwaslih dalam pengawasan tahapan Pemilu melalui pengawasan partisipatif.

Halaman:

Editor: Mustakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x