Kadis DKP Aceh: Konsumsi Ikan Masih Rendah

- 6 Juni 2023, 19:41 WIB
Penyerahan Ikan secara Simbolis kepada Masyarakat Gampong Peuniti Kecamatan Baiturrahman Kota Banda pada kegiatan Gemarikan, Senin 06/06/2023
Penyerahan Ikan secara Simbolis kepada Masyarakat Gampong Peuniti Kecamatan Baiturrahman Kota Banda pada kegiatan Gemarikan, Senin 06/06/2023 /Hamdani/

PIKIRANACEH.COM - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Aceh menyebut tingkat konsumsi ikan masyarakat Aceh masih rendah, sebab itu perlu ditingkatkan.

Demikian dikatakan Kadis DKP Aliman, S.Pi,M.Si pada kegiatan Gemarikan dan Pengendalian Inflasi Tahun Anggaran 2023 yang berlangsung di Gampong Peuniti, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Senin (06/06/2023).

Baca Juga: Gelar Gemarikan, DKP Aceh Bagikan 3 Ton Ikan untuk Masyarakat Gampong Peuniti Banda Aceh

"Tingkat konsumsi ikan masyarakat Aceh saat ini baru mencapai 60 kilogram/kapita/tahun. Sedangkan masyarakat Jepang sudah 150 kilogram/kapita/tahun," jelas Aliman.

Dikatakan, "meskipun terjadi peningkatan namun masih tergolong rendah karena kita ingin lebih tinggi, semoga kita bisa capai target nasional yaitu 63 kg/kapita/tahun pada tahun 2024," tambahnya.

Sementara untuk upaya pengendalian Inflasi dari sektor perikanan, DKP Aceh senantiasa memantau harga ikan ditingkat grosir dan pengecer, serta memastikan suplai yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pasar. 

Baca Juga: Pemko Banda Aceh Apresiasi Kegiatan Gemarikan DKP Aceh di Gampong Peuniti

Data Inflasi Kota Banda sebagaimana dirilis oleh BPS, selama April 2023, Kota Banda Aceh mencatatkan inflasi year on year (yoy) sebesar 4,23 persen. Angka tersebut turun signifikan dari bulan sebelumnya 5,32 persen. Begitu pun bulan Mei 2023 turun lagi menjadi 3,41 persen.***

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x