Sebanyak 633 Bacaleg DPRK di Banda Aceh sedang menjalani tes baca Al-Quran.

- 7 Juni 2023, 05:15 WIB
Foto: BACALEG Sedang Test Baca Al Quran
Foto: BACALEG Sedang Test Baca Al Quran /

PIKIRANACEH.COM - Sebanyak 633 bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRK Banda Aceh menjalani tes baca Al- Qur’an yang berlangsung di SMP Negeri 1 Banda Aceh, Jl. Prof. A. Majid Ibrahim I, Punge Jurong, Kecamtan Meuraxa, Kota Banda Aceh, Selasa, 6 Juni 2023.

Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh, Yusri Razali mengatakan tes baca Al-Quran kepada Bacaleg akan berlangsung hingga 9 Juni 2023 mendatang.

“Kita lakukan pembagian, sehingga sehari bisa dilakukan tes untuk 6 parpol,” katanya.

Pengujinya, kata Yusri, berasal dari tiga lembaga, yakni Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) dan Kementerian Agama (Kemenag).

“Jadi kita bentuk lima tim karena ada lima Dapil, jadi setiap tim ada 3 penguji dari 3 lembaga tersebut. Mereka yang melaksanakan seleksi tersebut,” katanya.

Terkait nilai, kata Yusri, standar minimum yang harus diraih yaitu 50. Bila mencapai 50 dianggap sudah mampu membaca Al-Quran. “Kita nilai mulai dari adab, tajwid, dan makhraj hurufnya,” ujarnya.

Jika ada yang tidak lulus, kata dia, maka pihaknya dari KIP akan memberitahukan kepada partai Bacaleg dimaksud.  “Nanti mereka akan mengajukan calon pengganti, kemudian akan kita jadwalkan kembali uji baca Al-Quran Quran bagi pengganti tersebut,” pungkasnya. ***

Editor: Teuku Ikhwana


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x