BREAKING NEWS: Bustami Hamzah Calon Tunggal Pj Gubernur Aceh

- 10 Juni 2023, 15:21 WIB
Kantor Gubernur Aceh
Kantor Gubernur Aceh /Foto. Net

PIKIRANACEH.COM – Sejumlah Fraksi-fraksi di DPR Aceh dengan cepat mengambil langkah dan membuat keputusan terkait penggantian Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki yang akan berakhir jabatannya pada tanggal 6 Juli 2023 mendatang.

Keputusan ini diambil setelah Rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR Aceh yang berlangsung di Gedung DPR Aceh, Jumat (09/06/2023). Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin.

Sebanyak 9 fraksi yang hadir di DPR Aceh telah sepakat untuk mengusulkan satu nama pengganti Achmad Marzuki. Fraksi-fraksi tersebut antara lain Partai Aceh, Demokrat, Golkar, Gerindra, PPP, PAN, PNA, PKS, dan PKB-PDA.

“Sesuai dengan hasil rapat, kami telah memutuskan satu nama, meskipun permintaan dari Mendagri adalah maksimal tiga nama,” ungkap Safaruddin, Jumat 9 Juni 2023 malam.

Namun, Safaruddin tidak menyebutkan secara langsung nama yang mereka usulkan ketika ditanya. Ia menjelaskan keputusan pergantian Achmad Marzuki tersebut diajukan dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR Aceh pada hari Jumat. “Ya, kesepakatan itu mengalir begitu saja,” sebut Safaruddin.

Politikus Partai Gerindra Aceh ini juga mengungkapkan, bahwa awalnya rapat Bamus ini bertujuan untuk menyusun jadwal persidangan terkait tanggapan terhadap LKPJ Gubernur Aceh dan beberapa agenda lainnya.

Namun, lanjutnya, pimpinan fraksi-fraksi di DPRA mempertanyakan surat dari Mendagri yang telah dipublikasikan oleh media pers. “Dan itu dibenarkan oleh Sekwan. Selanjutnya, peserta rapat Bamus sepakat untuk membahas surat tersebut,” ungkap Safaruddin.

Akhirnya, 9 fraksi di DPR Aceh menyatakan setuju untuk segera merespons surat Mendagri terkait usulan penggantian Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki dengan satu nama.

Menurut salah seorang sumber di DPR Aceh, nama tersebut adalah Sekda Aceh Bustami Hamzah. Pengakuan ini juga ditegaskan dan disetujui oleh beberapa ketua fraksi dari partai nasional.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x