Menurut Islam, Ini Azab Bagi Orang yang Suka Pamer Aurat di Medsos

- 8 September 2023, 11:17 WIB
ILUSTRASI MEDSOS - Penyebar Hoaks Foto Korban Pemanahan di Mataram Terancam Pidana 6 Tahun Penjara
ILUSTRASI MEDSOS - Penyebar Hoaks Foto Korban Pemanahan di Mataram Terancam Pidana 6 Tahun Penjara /Pixabay/LoboStudioHamburg

PIKIRANACEH.COM – Mengumbar aurat di media sosial hukumnya haram dan akan mendapatkan azab yang sangat pedih dari Allah SWT.

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan… ” (QS. Al-A’raaf [7]: 26).

Aksi pamer bagian tubuh seksi di kalangan artis Indonesia di media sosial semakin bersaing ketat. Ibarat tak mau kalah, sejumlah artis cantik atau merasa diri cantik saling posting foto liburan mereka yang menampakkan bagian tubuh paling seksi dengan balutan pakaian minim nyaris telanjang.

Perhatikan saja misalnya akun instagram Luna Maya, Syahrini, Ayu Tingting, Bunga Citra Lestari, Nia Ramadhani, Yuni Shara, dan teranyar Dewi Persik bagaimana rajinnya mereka posting lagi pake bikini dan hotpants. Kalau Nikita Mirzani ya sudahlah. Ia memang tidak lagi hiraukan soal pamer aurat di muka umum.

Bagi sebagian kalangan, apalagi yang masih muda-muda barangkali tidak menutupi aurat adalah hal biasa bahkan sengaja menggunakan pakaian terbuka agar bagian tubuh mereka dilihat oleh orang lain. Seakan tidak takut dengan ancaman Allah Swt sebagai akibat tidak menutup aurat.

Lalu bagaimana pandangan Islam dan apa akibatnya bagi orang dewasa muslim yang suka pamer auratnya di muka umum?

Secara definisi aurat adalah bagian dari tubuh manusia yang wajib ditutupi dari pandangan orang lain dengan pakaian. Menampakkan aurat bagi umat Islam dianggap melanggar syariat dan dihukumi sebagai sebuah dosa.

Allah Swt berfirman dalam Al-Qur’an yang berbunyi:

“Hai isteri-isteri nabi, kamu sekalian tidaklah seperti wanita yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya dan ucapkanlah perkataan yang baik,” (Al-Ahzab 33:32)”

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah