Mafindo Aceh Kampanye pre-Bunking, Ajak Masyarakat Cegah Hoax Jelang Pemilu 2024

- 24 September 2023, 19:02 WIB
/Foto. Ist

PIKIRANACEH.COM - Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Wilayah Aceh melaksanakan kegiatan Pre-bunking, yang dilakukan di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, Minggu 24 September 2023.

Kampanye ini mengajak masyarakat yang hadir untuk lebih mengenali ciri ciri informasi bohong (hoaks) dan sadar bahaya hoaks yang dapat memecah belah kerukunan masyarakat apalagi mendekati pesta demokrasi 2024.

Kegiatan pre-bunking ini merupakan langkah edukasi Mafindo untuk masyarakat aceh yang di lakukan dengan permainan yang menarik dengan tema hoaks.

Sehingga subtansi bisa tersamapaikan pada semua kalangan masyarakat yang hadir 130 lebih masyakarat ikut berpartisipasi dan antusias dengan edukasi yang dilakukan Mafindo wilayah aceh ini.

Rizki amanda, PIC kegiatan ini menyampaikan dalam sesi pembukaan kegiatan bahwa langkah ini sangat penting kita lakukan di aceh, menginggat aceh merupakan daerah paling tinggi penyebaran hoaks nya.

pre-Bunking sendiri merupakan kampanye atau pencegahan hoaks dengan cara memasukan sikap kritis kepada masyakat agar tidak mudah percaya hoaks apa lagi menyebarkan nya.

Masyarakat harus cerdas menyikapi suatu informasi dan tidak lansung percaya tanpa periksa dulu kebenarannya.

Peran orang muda juga sangat penting dalam mebuat konten konten positif dan edukatif kepada masyarakat,dan hari ini kita libatkan berbagai macam komunitas orang muda di aceh termasuk kawan kawan di sabilitas agar sama sama Berperan melawan hoaks di aceh.

Destika gilang selaku koordinator Mafindo wilayah Aceh menambahkan Kita memberikan edukasi dengan cara santai yaitu dengan cara bermain ular tangga anti hoax dan board game fandom warnas kepada masyarakat, agar mengenali tiga kategori hoaks, yaitu disinformasi, informasi salah dan yang menyebarkan tahu kalo itu salah namun sengaja di sebarkan demi kepentingan tertentu.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah