Pemerintah Indonesia dan China Tandatangani 10 MoU Baru

- 18 Oktober 2023, 09:58 WIB
Foto. Wikipedia. org
Foto. Wikipedia. org /

PIKIRANACEH.COM - Pemerintah Indonesia dan pemerintah China melakukan penandatanganan sejumlah nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) kerja sama antara kedua negara di Beijing, China, pada Selasa 17 Oktober 2023.

Penandatangan nota kesepahaman itu disaksikan oleh pemimpin kedua negara yaitu Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China Xi Jinping.

Penandatanganan MoU tersebut berlangsung di Great Hall of The People, Beijing, China pada Selasa 17 Oktober usai pertemuan bilateral antara Jokowi dan Xi Jinping.

 

Terdapat sepuluh MoU yang ditandatangani di hadapan kedua kepala negara, Dikutip CNN Indonesia, MoU tersebut meliputi: (1) Protokol tentang Persyaratan Pemeriksaan, Karantina, dan Sanitasi Veteriner Terhadap Produk Perairan Liar yang Akan Diekspor dari Indonesia ke China.

Kemudian, (2) Protokol Persyaratan Karantina dan Kebersihan Hewan Akuatik yang Dapat Dimakan dari Indonesia ke China, (3) Kerja Sama Implementasi Inisiatif Pembangunan Global, (4) Dialog Bersama Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan, (5) Kerja Sama Pembangunan Perdesaan dan Pengentasan Kemiskinan.

Selanjutnya, (6) Pertukaran Pengalaman untuk Tata Kelola dan Pembangunan Berkelanjutan, (7) Pembentukan Mekanisme Koordinasi Promosi Bersama Poros Maritim Global dan Belt and Road Initiative,

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x