Kalah? Israel Disebut Mulai Negosiasi dengan Pejuang Hamas

- 9 November 2023, 14:54 WIB
Manuver tank penjajah Israel, di tengah pembantaian yang sedang berlangsung terhadap kelompok Islam Palestina Hamas di Jalur Gaza utara, 8 November 2023.
Manuver tank penjajah Israel, di tengah pembantaian yang sedang berlangsung terhadap kelompok Islam Palestina Hamas di Jalur Gaza utara, 8 November 2023. /Reuters/Ronen Zvulun/

PIKIRANACEH.COM - Zionis Israel disebut-sebut mulai mengadakan negosiasi dengan pejuang Hamas.

Hal tersebut terjadi saat kedua belah pihak itu berada dalam ketegangan dan konflik berdarah di jalur Gaza.

Sumber Hamas dan Mesir mengatakan kepada kantor berita Reuters dan AFP padavRabu, bahwa negosiasi ini dimediasi oleh Qatar dalam koordinasi dengan Amerika Serikat (AS).

Hal ini disebut dapat membuat 10-15 tawanan Israel di Gaza dibebaskan sebagai imbalan atas jeda pertempuran selama beberapa hari.

Laporan mengutip sumber anonim yang mengetahui perundingan tersebut. Tapi dikatakan bahwa rincian seputar prospek kesepakatan masih belum pasti.

"Jumlah pastinya masih belum jelas pada tahap ini," kata sumber anonim kepada Reuters, yang menyebutkan jumlah tawanan yang bisa dibebaskan antara 10 dan 15 orang, dikutip pada Kamis 9 November 2023.

AFP mengutip sumber yang dekat dengan Hamas yang mengatakan bahwa perundingan tersebut berputar pada pembebasan 12 sandera. Setengah dari mereka adalah warga AS, dengan imbalan jeda kemanusiaan selama tiga hari

"Ada banyak pembicaraan yang terjadi, banyak negosiasi yang sedang berlangsung. Ditambah lagi, Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu mengatakan tidak akan ada gencatan senjata kecuali semua tawanan dibebaskan," tambah wartawan Al Jazeera, Alan Fisher

"Dan itu adalah pernyataan yang penting, terutama karena dia telah berbicara dengan Presiden AS Joe Biden dalam beberapa kesempatan," tambahnya.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah