Darurat! Rumah Sakit Indonesia di Gaza Gunakan Migor Jadi BBM Agar Tetap Bisa Beroperasi

- 11 November 2023, 17:37 WIB
Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina jadi sasaran rudal Israel
Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina jadi sasaran rudal Israel /ANTARA/HO-MER-C/

PIKIRANACEH.COM - Aksi penjajah Israel menghujani tempat-tempat pengungsian warga sipil Jalur Gaza, Palestina terus menuai kecaman.

Bahkan Israel disebut sengaja menargetkan tempat seperti rumah sakit.

Salah satu yang menjadi korban adalah Rumah Sakit Indonesia di utara Gaza.

Tak main-main, sebanyak sebelas rudal Israel ditembakkan ke sekitar kawasan rumah sakit dengan dalih menghancurkan terowongan bawah tanah Hamas.

Saat ini, Rumah Sakit Indonesia di Gaza harus mengganti Bahan Bakar Minyak (BBM) menggunakan minyak goreng (migor) agar rumah sakit bisa tetap beroperasi.

Sejak Jumat 10 November 2023 RS Indonesia di Gaza kehabisan bahan bakar dan harus beroperasi dalam gelap.

Relawan MER-C yang berada di Gaza, Fikri Rofiul Haq mengatakan pihaknya berusaha membeli minyak goreng sebagai pengganti bahan bakar. Sebab, pihak rumah sakit memang harus menghemat bahan bakar yang tersedia saat ini.

"Saat ini pihak Rumah Sakit Indonesia sedang mencoba mengganti bahan bakar BBM dengan minyak goreng, namun percobaan ini tidak untuk dua generator besar yang dimiliki RS Indonesia, tapi pada generator kecil yang beberapa waktu lalu di beli/bawa ke rumah sakit Indonesia." kata dia dalam keterangan tertulis, pda Sabtu 11 November 2023.

Dalam kesempatan itu, Fikri menyebut saking hematnya hanya ada beberapa ruangan yang bisa menyala. Misalnya, ruang operasi, ruang perawatan intensif, IGD, dan pompa air.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah