Tanjong Seulamat Studi Banding Ke Gampong Ateuk Cut Belajar Praktik Baik Pengelolaan Sampah

- 20 Desember 2023, 17:40 WIB
Pemerintah Gampong Tanjong Seulamat dan pengurus lembaga tingkat gampong melakukan studi banding ke Gampong Ateuk Cut, Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Aceh Besar
Pemerintah Gampong Tanjong Seulamat dan pengurus lembaga tingkat gampong melakukan studi banding ke Gampong Ateuk Cut, Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Aceh Besar /Hamdani/

PIKIRANACEH.COM - Rombongan studi banding Gampong Tanjong Seulamat, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar mengunjungi TPS Bina Usaha milik BUMG Gampong tersebut untuk belajar pengelolaan sampah, Rabu (20/12/2023).

Kedatangan delegasi studi banding Tanjong Seulamat yang dipimpin oleh Keuchik Salamun SH disambut dengan baik oleh Pemerintah Gampong Ateuk Cut, Kecamatan Simpang Tiga, Aceh Besar, dalam hal ini diwakili Ketua Tuha Peut Muslim dan jajaran, ikut serta Kapolsek Iptu. Safrizal, S.Sos dan petugas Bhabinkamtibmas.

Baca Juga: OJK Blokir 4000 Rekening Judi Online

Muslim dalam sambutannya pada pertemuan yang berlangsung rileks tersebut mengucapkan terima kasih kepada delegasi Tanjong Seulamat telah memilih Gampong Ateuk Cut sebagai tempat studi banding dalam rangka sama-sama saling belajar (sharing) mengenai cara efektif mengelola sampah.

Dalam penjelasan panjang lebar, Muslim mengatakan, "TPS Bina Usaha yang saat ini mengelola sampah atau limbah rumah tangga untuk mendapatkan manfaat ekonomi sekaligus menjaga kebersihan lingkungan merupakan unit usaha BUMG Ateuk Cut yang diketuai oleh Maisal Jannah,"

Ia menjelaskan, saat ini pihak BUMG sudah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik tingkat antar desa se-Kecamatan Simpang Tiga yang difasilitasi oleh Camat maupun dengan kabupaten melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Aceh Besar.

"Kita perlu membuat perjanjian kerjasama yang jelas dan konkrit dengan kabupaten seperti DLHK agar mendapatkan dukungan penuh dalam pengelolaan sampah ini. Terlebih di lokasi TPS Bina Usaha masih sebatas menerima transit sampah (Tempat Pembuangan Sementara/TPS) sebelum diangkut ke tempat pembuangan akhir," ujar Muslim.

Kedepan dengan fasilitas pengolahan sampah yang telah tersedia, baik gedung maupun peralatan mesin yang sudah dibantu oleh pemerintah, pihaknya akan melakukan pengolahan untuk meningkatkan nilai ekonomi dari limbah rumah tangga yang masuk ke TPS.

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah