Pilpres 2024 Diprediksi Berlangsung Dua Putaran, Ini Alasannya

- 14 Februari 2024, 22:37 WIB
Ilustrasi Pemilu 2024.
Ilustrasi Pemilu 2024. /RRI

PIKIRANACEH.COM - Sejumlah lembaga survei telah mengeluarkan hasil hitung cepat atau quick count Pemilu 2024.

Hasilnya, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul hingga 50 persen lebih suara yang masuk.

Hasil quick count ini tentu menyebabkan banyak orang bertanya-tanya menyoal apakah Pemilu dengan tiga pasangan calon ini bisa berjalan dua atau justru hanya satu putaran saja.

Pengamat politik juga pendiri KedaiKOPI, Hendri Satrio memprediksi Pilpres 2024 akan berlangsung dua putaran.

Hal itu berdasarkan hasil-hasil survei elektabilitas pasangan capres-cawapres yang diberikan selama ini.

"Kalau melihat tren kemudian pemberitaan lembaga survei itu harusnya dua putaran ya, bukan seharusnya ya, saya sih memprediksinya dua putaran, karena beberapa lembaga survei yang menembus 50 persen itu masih ada margin of errornya, jadi masih ada kemungkinan-kemungkinan dua putaran," kata Hendri saat live streaming program Dengar Bersama, Coblos & Opini Demokrasi (Debar COD) Okezone dan Trijaya FM, pada Rabu 14 Februari 2024.

Menurutnya hasil-hasil yang dirilis lembaga survei bisa saja akan berbeda dengan hasil pemungutan suara dilakukan hari ini, karena beberapa faktor misalnya ketidakhadiran pemilik suara yang di survei di TPS atau berubah pilihan.

Hendri mengatakan berdasarkan survei KedaiKOPI dan lembaga survei lain, banyak masyarakat yang justru memantapkan pilihannya di hari H pemungutan suara.

"Jadi hari ini di TPS mereka memantapkan pilihan apakah saya memilih 01, 02 atau 03," ujarnya.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah