Kanwil Kemenag Aceh Gelar Kegiatan Penyusunan dan Validasi Kisi-kisi Soal Ujian Sumatif Akhir PAI

- 20 Februari 2024, 19:47 WIB
 Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI), Pengawas PAI dan Unsur Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Provinsi Aceh, Serta Tim Penyusun dan Tim Validasi Melakukan Foto Bersama
Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI), Pengawas PAI dan Unsur Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Provinsi Aceh, Serta Tim Penyusun dan Tim Validasi Melakukan Foto Bersama /Hamdani/

PIKIRANACEH.COM - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh melalui Bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) melaksanakan kegiatan Penyusunan dan Validasi Kisi-kisi Soal Ujian Sumatif akhir Pendidikan Agama Islam jenjang SD/SMP/SMA/SMK tahun 2023/2024 tingkat Provinsi Aceh.
 
Kegiatan ini digelar di Aula SMP 3 Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Selasa (20/02/2024)


Peserta kegiatan Islam terdiri dari Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) dan Pengawas PAI serta unsur Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Provinsi Aceh sebagai Panitia, Tim Penyusun dan Tim Validasi serta sebagai Narasumber. 

Baca Juga: Pendukung Pasangan AMIN Deklarasi Kemenangan dan Lawan Kecurangan Pemilu 2024
 
Kabid PAI, H Khairul Azhar kepada media ini menyampaikan bahwa pelaksanaan penyusunan kisi-kisi asesmen sumatif mata pelajaran Pendidikan Agama Islam jenjang SD, SMP, SMA dan SMK ini dilaksanakan untuk menghasilkan panduan kisi-kisi asesmen soal ujian sumatif akhir mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada semua jenjang sekolah umum.  
 
Kegiatan ini dilaksanakan sehari, dengan harapan lahirnya panduan Kisi Kisi Asesmen Ujian Sumatif Akhir Mata Pelajaran PAI pada semua jenjang pendidikan sekolah umum. Selanjutnya beberapa hari kedepanakan dilanjutkan dengan penyusunan soalnya.

Khairul Azhar menambahkan sebelumnya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Aceh, berharap semoga khusus untuk Asesmen Ujian Sumatif Mapel PAI ini bisa dilakukan secara serentak dengan jadwal waktu yang sama se Aceh dari soal yang disusun oleh TIM Provinsi ini kiranya dapat digunakan oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah untuk jenjang SMA/SMK dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se Aceh khusus untuk SMP dan SD.
 
Sementara Muhammad Nasir selaku Ketua TIM (Katim) SMP memaparkan Petunjuk Teknis Ujian Sekolah PAI dan Budi Pekerti pada SD, SMP, SMA dan SMK Tahun 2023/2024.
 
Menurutnya, penyusunan kisi kisi harus berdasarkan petunjuk teknis tersebut.  Katim SMA/SMK menyampaikan Model penyusunan Kisi-Kisi Soal sumatif Akhir Jenjang PAI Tahun 2024. Membuat konsep terbaik sesuai materi dan juknis sehingga dalam penyusunan soal nantinya menghasilkan soal yang bermutu sesuai kriteria. Hasil penyusunan kisi-kisi ini nantinya juga akan disebarkan ke Kabupaten/Kota.

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah