Dugaan Korupsi Bantuan Korban Konflik Aceh Rp15 Miliar Diusut Kejati Aceh

- 6 Mei 2024, 22:39 WIB
Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas (Kasi Penkum) Kejati Aceh, Ali Rasab Lubis/Cut Ricky Firsta Rijaya / Jurnal Aceh
Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas (Kasi Penkum) Kejati Aceh, Ali Rasab Lubis/Cut Ricky Firsta Rijaya / Jurnal Aceh /

PIKIRANACEH.COM - Kejati Aceh mulai mengusut indikasi korupsi pengadaan budi daya ikan kakap dan pakan rucah untuk masyarakat korban konflik di Kabupaten Aceh Timur tahun anggaran 2023.

Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejati Aceh Ali Rasab Lubis, pada Senin 6 Mei 2024 mengatakan pengusutan indikasi korupsi tersebut masih di tahap penyelidikan.

Dalam pengusutan tersebut, tim penyelidik memanggil sejumlah pihak terkait.

"Mulai hari ini, tim penyelidik Kejati Aceh memanggil dan memintai keterangan sejumlah pihak terkait. Selain itu, tim penyelidik juga mengumpulkan data atau dokumen pengadaan," kata Ali Rasab Lubis.

Ali Rasab Lubis mengatakan penyelidikan indikasi korupsi tersebut berdasarkan laporan masyarakat.

Pengadaan budi daya ikan kakap dan pakan rucah untuk masyarakat korban konflik di Kabupaten Aceh Timur tersebut dikelola Badan Reintegrasi Aceh tahun anggaran 2023.

Menurut Ali Rasab Lubis, pemanggilan pihak terkait serta pengumpulan data maupun dokumen pengadaan untuk menentukan apakah ada tidak unsur tindak pidana korupsi dalam kasus tersebut.

"Hasil penyelidikan ini nantinya yang menentukan, apakah pengusutan dilanjutkan ke tahap penyidikan atau tidak. Jika ada, maka tentu akan ada pihak yang bertanggung jawab dalam kasus tersebut," kata Ali Rasab Lubis.

Informasi yang dihimpun, nilai pengadaan budi daya ikan kakap dan pakan rucah untuk masyarakat korban konflik di Kabupaten Aceh Timur mencapai Rp15 miliar. 

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah