Pendaftaran Calon Bupati Jalur Independen di Aceh Dibuka

- 9 Mei 2024, 19:14 WIB
Ilustrasi Calon Independen
Ilustrasi Calon Independen /

PIKIRANACEH.COM - Pendaftaran bagi calon bupati dan wakil bupati yang ingin maju melalui jalur independen (perseorangan) resmi dibuka oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya).

Masa pendaftaran mulai 8 hingga 12 Mei 2024.

Ketua KIP Abdya Iswandi, pada Kamis 9 Mei 2024 mengatakan bahwa salah satu syarat utama yang harus dipenuhi oleh calon independen adalah mendapatkan dukungan minimal dari 4.664 warga Abdya. 

"Dukungan ini harus dibuktikan dengan formulir dukungan yang sah dan KTP elektronik dari para pendukung,” katanya di Blangpidie.

Setelah memenuhi syarat dukungan minimal, lanjut dia, para calon diharuskan untuk mengunggah dokumen pendukung ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon) dan menyerahkan sebagian dokumen tersebut secara fisik ke Kantor KIP Abdya.

Ia juga menambahkan bahwa hingga hari kedua pendaftaran, belum ada pihak yang berkonsultasi dengan KIP Abdya mengenai persyaratan pendaftaran jalur independen. 

“Kami belum bisa memastikan apakah akan ada calon independen yang maju, karena sampai saat ini belum ada yang melakukan konsultasi terkait hal tersebut,” ujarnya.

Iswandi berharap agar para bakal calon yang berencana maju secara independen segera menyiapkan berkas persyaratan dan melakukan konsultasi dengan KIP untuk memastikan kelengkapan dan keabsahan dokumen mereka.

Dengan batas waktu pendaftaran yang semakin dekat, situasi politik di Abdya semakin menarik untuk diikuti. KIP Abdya menekankan pentingnya proses verifikasi administrasi dan faktual untuk memastikan integritas pemilihan yang akan datang. ***

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah