Aceh Kembali Temukan Sumber Gas Jumbo, Ini Lokasinya

- 13 Mei 2024, 22:10 WIB
Ilustrasi Migas (Foto: Repro)
Ilustrasi Migas (Foto: Repro) /

PIKIRANACEH.COM - Sumber gas jumbo ditemukan dari sumur eksplorasi laut dalam Tangkulo-1, yang dibor di Blok South Andaman, berlokasi sekitar 65 kilo meter (km) dari lepas pantai bagian utara Pulau Sumatera.

Hal itu diumumkan oleh Perusahaan energi asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), yakni Mubadala Energy.

Penemuan ini menandai sumur laut dalam kedua yang dioperasikan oleh Mubadala Energy.

Sumur Tangkulo-1 dibor hingga kedalaman 3.400 meter di kedalaman laut 1.200 meter, hanya beberapa bulan setelah penemuan besar di sumur Layaran-1, yang masih berada di Blok South Andaman.

Dengan memanfaatkan desain terbaru Drill Stem Test (DST), sumur Tangkulo-1 sukses mengalirkan gas sebesar 47 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) berkualitas dan 1.300 barel kondensat.

Walaupun hasil pengujian terbatas karena fasilitas yang tersedia, namun kapasitas sumur diperkirakan mencapai 80-100 MMSCFD dan lebih dari 2.000 barel kondensat.

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto menyampaikan apresiasi atas keberhasilan Mubadala Energy melalui penemuan potensi lebih dari 2 triliun kaki kubik (TCF) gas in place di Tangkulo-1 ini.

Pasalnya, pada tahun sebelumnya perusahaan juga menemukan sumber pasokan gas melalui sumur Layaran-1 dengan potensi sebesar 6 TCF gas in place.

"Sehingga potensi di South Andaman saat ini mencapai sekitar 8 TCF gas in place. Ini memberikan dorongan positif bagi SKK Migas dan industri hulu migas dalam mendukung ketahanan energi nasional", kata Dwi, dalam keterangan tertulis, Senin 13 Mei 2024.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah