Ekspor Indonesia pada Mei 2023 Tumbuh Sebesar 0,96%

- 16 Juni 2023, 22:05 WIB
/Dok Kemenkue /

PIKIRANACEH.COM - Ekspor Indonesia pada Mei 2023 mencapai USD21,72 miliar, tumbuh sebesar 0,96% (yoy) hal ini menunjukkan perdagangan internasional Indonesia di bulan Mei 2023 kembali menunjukkan kinerja positif.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu dalam keterangannya, Kamis 15 Juni 2023.

kinerja positif ekspor bulan Mei juga didorong oleh ekspansi sektor manufaktur negara mitra dagang utama Indonesia di antaranya Tiongkok, Jepang, India, dan Filipina, yang sebelumnya tertahan pada April lalu.

”Capaian ini menunjukkan kondisi ekonomi Indonesia yang tetap solid di tengah perlambatan ekonomi global," ungkap Febrio Kacaribu.

 

Untuk itu lanjutnya, Pemerintah terus berupaya mempertahankan dan bahkan meningkatkan performa baik ini dengan mengantisipasi berbagai risiko baik dari eksternal maupun domestik yang akan berpengaruh pada ekspor Indonesia.

 

Secara sektoral, menguatnya ekspor terutama didorong oleh sektor pertanian dan manufaktur yang tumbuh masing-masing sebesar 32,38% (yoy) dan 10,34% (yoy). 

 

Secara kumulatif, selama bulan Januari-Mei 2023, nilai ekspor Indonesia mencapai USD108,06 miliar.

Halaman:

Editor: Syahrul

Sumber: kemenkue.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah