Ketua ITF UIN Ar-Raniry Tekankan Pentingnya Perencanaan Keuangan Islam

- 8 Juli 2023, 10:37 WIB
Dr. H. Muhammad Yasir, MA
Dr. H. Muhammad Yasir, MA /Hamdani/Jalal/

PIKIRANACEH.COM - Islamic Trush Fund (ITF) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (UIN Ar-Raniry) Banda kembali menggelar halaqah tentang Ekonomi Islam yang dikemas dalam bentuk ceramah subuh di Masjid Oman Al Makmur Banda Aceh, Sabtu (08/07/2023).

Ketua ITF UIN Ar-Raniry Dr. H. M. Yasir Yusuf, MA yang membahas satu tema penting untuk dalam bidang muamalah yakni Perencanaan Keuangan dalam Islam.

Baca Juga: Pesan Khutbah Jum'at : Jangan Menuruti Hawa Nafsu

Literasi perencanaan keuangan dalam Islam perlu dipahami oleh umat Islam agar mereka mengelola aset sesuai dasar-dasar agama. 

Dengan cara ini, umat muslim dapat menyimpan, merencanakan, dan mengelola aset tanpa melanggar syariat Islam. 

Perencanaan ini pun harus memerhatikan asas yang tidak berbenturan dengan ajaran agama

"Semua kita punya keinginan dan kebutuhan apalagi pasangan muda maka perlu perencanaan keuangan keluarga sedini mungkin," ujar Yasir yang saat ini menjabat Wakil Rektor I Bidang Akademik UIN Ar-Raniry.

Dia menambahkan bagaimana uang bekerja untuk kita, agar kita di usia senja lebih khusus ibadah baik ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah. Semua kita pasti ditentukan/diberikan rezeki saat ajal datang, termasuk anak istri kita juga begitu.

Kemudian Yasir menjelaskan konsep dasar perencanaan keuangan dalam Islam dengan mengutip firman Allah SWT yang tercantum pada QS. Al Hasyr (59) ayat 18, "Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah