Manta Point Labuan Bajo, Ada Warisan Dunia Tersembunyi di Kawasan Taman Nasional Komodo

- 28 Februari 2023, 19:42 WIB
Labuan Bajo
Labuan Bajo /

ACEHUPDATE.COM |  Manta Point Labuan Bajo, terdapat  warisan dunia tersembunyi di kedalaman laut  taman Nasional Komodo menjadi salah satu destinasi wisata yang  sangat eksotis dan menarik. 

Destinasi tersebut menjadi gerbang menuju ke Taman Nasional Komodo dan manta point yang keindahan alamnya sangat menakjubkan dan juga di huni hewan purba, dari hewan endemik komodo di Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Disana terdapat deretan pulau eksotis yang menyimpan keragaman hayati bawah laut, hingga pantai yang sangat aduhai, semua bisa di temukan dengan memulai perjalanan di Labuan Bajo.

Di manta Point, kita bisa menikmati berbagai kekayaan ekosistem laut yang sangat mempesona yang terpenting ketika nanti menyelam kita berkesempatan bertemu dengan Manta Ray, salah satu satwa air yang langka dan juga dilindung.

Jika Anda salah seorang pecinta snorkeling atau menyelam, tentu Manta Point menjadi target destinasi yang wajib untuk dikunjungi saat berada Labuan Bajo. 

Sementara itu dibawah ekosistem laut terdapat spot-spot menarik yang bisa dipakai untuk momen ber fotografi dibawah laut, disitu kita bisa melihat penampakan kumpulan ikan manta yang sangat menyejukkan mata disebut sebut sebagai warisan dunia tersembunyi.

Ikan pari manta atau manta birostris adalah spesies ikan pari terbesar di dunia. Lebar tubuhnya dari ujung sirip dada ke ujung sirip lainnya mencapai hampir 7 meter (kemungkinan lebih karena ada laporan yang mengatakan bahwa ada manta yang lebar tubuhnya mencapai 9,1 meter).

Manta dapat ditemukan di lautan tropis di seluruh dunia - kurang lebih antara 35o lintang utara hingga 35o lintang selatan. Persebarannya yang luas dan penampilannya yang unik menyebabkan ikan ini memiliki banyak nama mulai dari "manta Pasifik", "manta Atlantik", "devil fish", hingga "sea devil". Di Indonesia sendiri, pari manta memiliki aneka nama lokal seperti cawang kalung, plampangan, serta pari kerbau.Mungkin karena bagian tubuh mirip (tanduk) di kepalanya sehingga ia dianggap mirip dengan (kerbau).

Manta Ray
Manta Ray

Halaman:

Editor: Tarmizi Puteh


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah