Dua Mantan Wagub Aceh Mendaftar Calon Gubernur ke PKB, Ada Tentara GAM dan Aktivis Prokemerdekaan

- 16 Mei 2024, 22:31 WIB
Ilustrasi Pilkada Serentak (Foto. Net)
Ilustrasi Pilkada Serentak (Foto. Net) /

PIKIRANACEH.COM – Sejumlah tokoh masyarakat Aceh mulai mendaftar dalam bursa pencalonan Gubernur Aceh, tak terkecuali di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ada dua nama yang sudah pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Aceh Mantan Gubernur Aceh yakni Muzakkir Manaf dan Muhammad Nazar.

Sehingga semua yang sudah mendaftar ke PKB hingga kemarin sebanyak tujuh orang.
Mereka adalah Muzakir Manaf, Prof. DR Teuku Abdullah Sani, DR Darni M Daud, Sayed Mustafa Usab, Tjoet Boy Hardi Hasan, Muhammad Nazar dan Assoc. Prof. DR. TB. Massa Djafar.

Mereka yang telah mendaftar akan dilakukan uji kepatutan dan kelayakan oleh DPP PKB.

Sosok Muzakkir Manaf merupakan mantan Wagub Aceh periode 2012-2017. Sedangkan Muhammad Nazar menjabat Wagub pada tahun 2007-2012.

Mualem adalah pimpinan Partai Aceh—partai dari kalangan mantan kombatan GAM. Sedangkan Muhammad Nazar adalah aktivis prodemokrasi yang pernah dipenjara karena menuntut referendum untuk kemerdekaan Aceh.

Pendaftaran keduanya dilakukan dalam waktu terpisah sejak dibukanya penjaringan calon yang dilakukan PKB. Mualem yang juga Ketua Umum Partai Aceh disebut mendaftar pada akhir April dan Nazar pada Rabu (16/5) kemarin.

Ketua Desk Pilkada DPW PKB Aceh Munawar Ngoh Wan kepada wartawan, Kamis (16/5/2024) mengatakan, hingga hari ini yang telah mendaftar ke PKB Aceh ada sebanyak tujuh orang.

"Selanjutnya akan ditetapkan sebagai bakal calon gubernur untuk didaftarkan kepada KIP Aceh," jelas Sekretaris DPW PKB Aceh itu.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah