Sorot Anies dan Cak Imin di Pilpres 2024, Media Asing Ungkap Hal Tak Terduga Ini

- 4 September 2023, 10:01 WIB
Kolase foto Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Anies Baswedan
Kolase foto Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Anies Baswedan /(Foto dok. tim Cak Imin/ist ; Dok.Antara)


PIKIRANACEH.COM - Pasangan bakal calon Presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang dideklarasi di Jawa Timur beberapa waktu lalu menjadi sorotan media asing.

Selain pasangan calon, Pemilihan Presiden (Pilpres) RI 2024 tak luput dari sorotan asing.

Kali ini media luar memuat berita soal Anies Baswedan dan Cak Imin. Apalagi kalau bukan langkah terbarunya memilih calon wakil presiden Ketua Umum Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Media global Reuters misalnya, menulis bagaimana langkah itu dilakukan untuk menaikkan popularitas Anies. Dipaparkan bagaimana ia tertinggal dibanding dua calon lain, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo di sejumlah survei.

"Anies justru tertinggal," Dikutip Reuters.

"Wakil presiden pilihannya, Muhaimin Iskandar, memimpin Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yang memiliki hubungan kuat dengan organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU), yang memiliki 40 juta anggota," tambahnya.

Pengamat pun dimuat untuk mendukung hal itu. Analis lokal Djayadi Hanan dikutip dalam pemberitaan.

"Muhaimin dapat memperluas daya tarik Anies di mata para pemilih karena PKB dan NU dipandang sebagai pendukung Islam moderat," muat Reuters mengutip Hanan.

"Anies memerlukan terobosan karena basis pemilihnya sebagian besar adalah kaum konservatif," tambahnya.

"Namun, memilih Muhaimin dapat merugikan peluang Anies setelah mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan partainya menarik diri dari koalisi Anies pada hari Jumat, menuduhnya mengingkari janji untuk memilih putra Yudhoyono sebagai pasangannya," tambah Reuters.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah