Situs Peninggalan Manusia Prasejarah 7000 Tahun Lalu Ada di Aceh Tamiang

- 25 September 2023, 15:46 WIB
Situs bukit kerang  peninggalan 7000 tahun lalu berada di Kampung Masjid, Kecamatan Bendahara, Aceh Tamiang.
Situs bukit kerang peninggalan 7000 tahun lalu berada di Kampung Masjid, Kecamatan Bendahara, Aceh Tamiang. /Pikiran Rakyat/nasir/

Situs Peninggalan Manusia Prasejarah 7000 Tahun Lalu Ada di Aceh Tamiang

PIKIRAN RAKYAT –Situs peninggalan manusia prasejarah diperkirakan dari 5000-7000 tahun lalu ada di Aceh Tamiang tepatnya di Kampung Masjid, Kecamatan Bendahara, Aceh Tamiang.

Situs prasejarah ini berupa bukit kerang, kini peninggalan prasejarah tersebut menjadi salah satu objek wisata di Aceh Tamiang namun belum terawatt dengan baik.

Ketinggian bukit kerang ini tinggal sekitar dua meter lagi karena sebelum warga sebelum mengetahui peninggalan sejarah, warga mengambilnya untuik kebutuhan dapur mereka.   

Dari penelitian yang dilakukan Keberadaan bukit kerang ini merupakan peninggalan manusia prasejarah sekitar 5000-7000 tahuan yang lalu.

Oleh pakar geologi Callefens pada tahun 1925 hingga tahun 1926 melakukan ekskavasi di bukit kerang ini, kemudian oleh peneliti belanda van der Meer Mohr juga terungkap sebagian dari kerang terdiri dari meretrix- meretrix dan sebagian kecil Ostrea.

Baca : Asal-usul dari Perhiasan Kalung, Manusia Prasejarah pun Memakai Aksesori Ini

Tumpukan yang awalnya dikira lapisan bumi ternyata tumpukan sisa-sisa kulit kerang. Di antara kerang itu mungkin ada yang dipergunakan sebagai alat tiup, alat minum, atau gayung air. Mungkin ada pula yang dijadikan sebagai perhiasan, juga terdapat juga jenis kerang yang biasa untuk makan.

Bekas-bekas itu menunjukkan pada zamannya telah adanya penduduk pantai yang tinggal dalam rumah- rumah bertonggak. Hidupnya terutama dari siput dan kerang. Siput-siput itu dipatahkan ujungnya, kemudian dihisap isinya dari bagian kepala.

Halaman:

Editor: Muhammad Nasir

Sumber: Pikiran Aceh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x