1.348 Rumah di Matangkuli Terendam Banjir, Berikut Datanya

- 10 Oktober 2023, 00:10 WIB
Kapolsek Matangkuli Ipda Hendra Jamiswar, mengevakuasi warga yang tergenang banjir di Kecamatan Matang Kuli Aceh Utara
Kapolsek Matangkuli Ipda Hendra Jamiswar, mengevakuasi warga yang tergenang banjir di Kecamatan Matang Kuli Aceh Utara /Dok Humas Polres Aceh Utara /Pikiran Aceh/ Syahrul

PIKIRAN ACEH - Banjir susulan kembali merendam sejumlah Gampong di Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara, Senin 09 Oktober 2023, padahal sehari sebelumnya air mulai surut dari pemukiman penduduk, dilaporkan ketinggian air yang merendam pemukiman warga mencapai 40 hingga 120 cm.

Data banjir susulan ini setidaknya merendam 1.348 unit rumah di 26 Gampong di Kecamatan Matangkuli dan sejumlah 588Ha lahan pertanian sawah masyarakat dengan usia tanam 2,5 bulan juga ikut terendam.

Kapolres Aceh Utara AKBP Deden Heksaputera S, S.I.K melalui Kapolsek Matangkuli Ipda Hendra Jamiswar menyampaikan, Beberapa ruas jalan penghubung antar gampong sudah tidak bisa dilewati lagi, baik dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

“Sampan tradisional menjadi alternatif transportasi masyarakat serta warga harus menggunakan jalan alteratif lainnya untuk bepergian guna melakukan kegiatan sehari-hari. Sebagian warga masyarakat sampai saat sekarang ini masih bertahan di rumah masing-masing,” ujarnya.

Ia menyampaikan, warga juga telah mendirikan dua titik dapur umum di Gampong Meuria dan Gampong Pante Pirak dan pihaknya telah mengirim bantuan ke lokasi, warga yang sakit dan rentan juga menjadi prioritas pihaknya untuk membantu melakukan evakuasi.

"Dari 26 Gampong yang terdampak, 7 Gampong dikategorikan jadi kawasan terisolir yakni Gampong Tanjong Haji Muda, Gampong Lawang, Gampong Siren, Gampong Meunye Pirak, Gampong Pante Pirak, Gampong Alue Thoe dan Gampong Tumpok Barat," ujar Ipda Hendra.

Selain itu, sejumlah Kantor seperti Polsek, Kantor Camat, Koramil, Puskesmas, Telkom, Kantor pos dan sekolah juga turut terendam banjir susulan ini.

Berikut data Desa ataupun Gampong yang terendam Banjir susulan ;

1.GAMPONG LEUBOK PIRAK
Jumlah KK : 54 KK
Jumlah Jiwa : 110 Jiwa
Rumah terendam : 42 Unit.
Luas Lahan Sawah yang terendam 20 Ha.

2.GAMPONG PANTE PIRAK
Jumlah KK : 42 KK.
Jumlah Jiwa : 158 Jiwa.
Rumah terendam : 42 Unit.
Luas Lahan Sawah yang terendam 35 Ha.

Halaman:

Editor: Syahrul


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah