Prakiraan Cuaca BMKG Blang Bintang Hari Ini, 6 November 2023

- 6 November 2023, 07:07 WIB
Ilustrasi hujan lebat di wilayah Provinsi Aceh.
Ilustrasi hujan lebat di wilayah Provinsi Aceh. /Syahrial /Oke Tebo

PIKIRANACEH.COM | NANGGGROE - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hampir seluruh wilayah di provinsi itu cerah berawan. Namun sebagian daerah berpotensi hujan dengan intensitas sedang.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Iskandar Muda (SIM) Banda Aceh, Nabila mengatakan meskipun cuaca cerah berawan, namun berpotensi hujan karena terdapat belokan angin atau konvergensi di Aceh.

Dikatakan Nabila, wilayah berpotensi hujan saat dini hari yakni Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Gayo Lues, Langsa, Nagan Raya, Simeulue dan Subulussalam.

Baca Juga BMKG Prakirakan Cuaca Sebagian Besar Daerah Aceh Cerah Berawan "Sedangkan esok hari yang berpotensi hujan, Aceh Jaya, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Nagan Raya, Subulussalam," ucapnya.

kata Nabila, bertiup dari arah selatan hingga barat dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 20 kilometer per jam. Dengan Suhu udara secara umum berkisar antara 16 sampai dengan 33 derajat celcius. Baca Juga BMKG Prakirakan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Cerah Berawan "Kelembaban udara berkisar antara 60  sampai 100 persen," ujarnya.

Sementara tinggi gelombang laut saat ini mencapai 2.5 meter di Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Samudra Hindia Barat Aceh, dan Sekitarnya. 

Nabila menambahkan prakiraan tinggi gelombang khusus lintasan penyeberangan yaitu, Banda Aceh hingga Sabang berkisar antara 0.50 hingga 1.25 meter dan dalam kategori rendah, untuk perairan Meulaboh hingga Sinabang berkisar antara 0.50 hingga 1.25 meter dan dalam kategori rendah.  

“Diimbau kepada masyarakat agar berhati-hati saat beraktivitas di luar ruangan, khususnya saat berkendaraan,” ucap Nabila. Nabila menyebutkan mengingat saat ini wilayah Aceh sudah memasuki musim penghujan, masyarakat juga diminta menjauh dari daerah air seperti sungai, pantai, danau, waduk dan lainnya.Selain itu, tambah Nabila, menghindar dari daerah berpotensi rawan longsor serta menghindari daerah dikelilingi pepohonan rawan tumbang. 

Sementara itu, berdasarkan informasi prakiraan cuaca disampaikan BMKG melalui laman www.bmkg.go.id di Jakarta, Minggu, 5 November 2023 cuaca berawan diprakirakan terjadi di sejumlah daerah, di antaranya Bengkulu, Jakarta, Semarang, Pontianak, Palangka Raya, Pangkalpinang, dan Lampung.

Halaman:

Editor: Mustakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah