Kisah Keteguhan Tenaga Kesehatan RS Indonesia di Gaza

- 10 November 2023, 15:48 WIB
RS Indonesia di Gaza Palestina
RS Indonesia di Gaza Palestina /Hamdani/

PIKIRANACEH.COM - Seorang perawat warga negara Amerika Serikat, Emily Callahan mengakui keteguhan para tenaga kesehatan di Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina.

Emily sendiri sudah ditugaskan di Gaza selama 26 hari dan berhasil dievakuasi ke kampung halamannya.

Baca Juga: Donasi Peduli Palestina Dari Aceh Tamiang Sudah Terkumpul Rp 465 Juta, Disdikbud Sumbang Rp 165 Juta

“Orang-orang Palestina yang bekerja dengan staf nasional kami dan staf saya di Rumah Sakit Indonesia adalah orang paling luar biasa yang pernah saya temui dalam hidup saya,” ujar Emily dalam perbincangan di kanal YouTube CNN.

“Saya ingin mengingatkan orang-orang bahwa mereka yang memutuskan berada di sana adalah pahlawan. Mereka tahu mereka akan mati, dan mereka memilih untuk tetap tinggal,” imbuhnya.

Diketahui bahwa RS Indonesia menjadi satu-satunya rumah sakit di Gaza Utara yang masih beroperasi. Rumah sakit tersebut menjadi yang terbesar kedua di Gaza Utara.

Emily juga mengungkapkan bahwa satu rekan sejawatnya yang merupakan perawat menjadi korban meninggal akibat ledakan di dekat rumah sakit.“Dia tewas saat ambulans di luar rumah sakit diledakan,” ungkap Emily.

"Ini lah warga kita juga, ini adalah keluarga kita, ini juga teman-teman kita. Jika mereka membunuh kami, kami akan mati dengan menyelamatkan orang sebanyak mungkin,” imbuhnya.

Meski mengalami berbagai pengalaman tak biasa, Emily mengaku bahwa dirinya akan kembali ke Gaza jika ada kesempatan.“Hati saya ada di Gaza, dan akan tetap di Gaza,” paparnya.*

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah