Pejuang Houthi Yaman Ambil Alih Kapal Israel, Bentuk Solidaritas untuk Gaza

- 20 November 2023, 12:41 WIB
Ilustrasi kapal kargo. (via REUTERS/COASTGUARD NETHERLANDS)
Ilustrasi kapal kargo. (via REUTERS/COASTGUARD NETHERLANDS) /

PIKIRANACEH.COM - Sebagai bentuk rasa solidaritas terhadap Jalur Gaza Palestina yang terus menerus dibombardir oleh Israel, kelompok Houthi Yaman mengambil alih sebuah kapal milik milik negara Yahufi itu.

Kelompok militan Yaman, Houthi, mengatakan mereka telah mengambil alih sebuah kapal milik Israel di Laut Merah.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Juru bicara militer kelompok pejuang Houthi, Mohammed Al Attab, kepada media Al Jazeera pada Minggu 19 November 2023.

 

Ia mengatakan, para pejuangnya membajak kapal kargo Galaxy Leader yang sebagian besar milik pengusaha Israel dan dioperasikan perusahaan Jepang.

Saat disita, kapal sedang berlayar dari Turki ke India.

"Kami telah menerima konfirmasi dari pejabat Houthi bahwa mereka membajak kapal ini. Sebelumnya hari ini (Minggu), mereka mengumumkan dimulainya operasi untuk menyerang kapal-kapal berbendera Israel. Mereka memperingatkan pelaut internasional untuk tidak bekerja di perusahaan semacam itu," kata Attab dari ibu kota Yaman, Sanaa.

Juru bicara Houthi lainnya, Yahya Saree dalam sebuah pernyataan pada Minggu 19 November malam, menyebutkan ada 22 kru kapal yang berada dalam Galaxy Leader. Mereka akan diperlakukan sesuai dengan norma dan prinsip Islam.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah