Tingkatkan Kesiagaan Pegawai, PLN NP UP Arun Adakan Simulasi Tanggap Darurat Gempa

- 7 Desember 2023, 15:37 WIB
Pekerja PLN Nusantara Power Unit Pembangkit Arun mengikuti kegiatan simulasi tanggap darurat bencana gempa, Kamis 7 Desember 2023. (Foto. Syahrial)
Pekerja PLN Nusantara Power Unit Pembangkit Arun mengikuti kegiatan simulasi tanggap darurat bencana gempa, Kamis 7 Desember 2023. (Foto. Syahrial) /

 

PIKIRANACEH.COM - PT PLN Nusantara Power Unit Pembangkit Arun mengadakan simulasi tanggap darurat bencana gempa guna meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan seluruh pegawai dalam menghadapi potensi bencana gempa.

Kegiatan simulasi berlangsung di halaman Kantor PLN NP UP Arun, Kamis 7 Desember 2023, bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Lhokseumawe dan Tim SAR Aceh Utara.

Manager Unit PLN NP UP Arun Kornel Bram Rahadi mengatakan, kegiatan sosialisasi dan simulasi tersebut sangat penting dilakukan untuk diketahui oleh seluruh pekerja dan juga sebagai langkah antisipatif penanganan bencana gempa bumi

Simulasi dan sosialisasi tanggap darurat gempa ini dapat membekali seluruh pegawai yang menjadi peserta dengan pengetahuan yang mumpuni sehingga siap menghadapi dan memberikan upaya penyelamatan jika terjadi bencana yang tidak diinginkan di lingkungan PLN NP UP Arun," ujar Bram.

Dikatakannya, kegiatan simulasi bencana rutin digelar PLN NP UP Arun setiap tahunnya dengan tema-tema tertentu.

Tahun ini, diambil tema simulasi tanggap darurat bencana gempa, dikarenakan berdasarkan informasi dari BPBD bahwa Kota Lhokseumawe merupakan daerah sesar atau patahan gempa.

Jadi, dengan simulasi ini diharapkan bisa menjadi antisipasi kepada pekerja di PLN NP UP Arun, mengingat bencana gempa dapat menjadi ancaman yang bisa terjadi kapan saja, maka setiap pekerja perlu siap dan andal mengantisipasinya," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, lanjut Bram, peserta simulasi juga diberikan edukasi upaya-upaya pemulihan pasca bencana yang harus dilakukan namun selama ini sering dihiraukan oleh para korban.

‘’Terima kasih kepada seluruh tim BPBD yang berkenan berbagi pengetahuan dalam kegiatan simulasi tanggap darurat bencana gempa. Semoga menjadi pengetahuan tambahan dan bekal yang bermafaat saat dibutuhkan. Tidak ada yang menginginkan bencana, namun bencana adalah hal diluar kendali kita, maka pilihan kita hanyalah siap menghadapinya dan berusaha selamat," tutup Kornel Bram Rahadi. ***

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah