J-na, Penyiar Berita Bertenaga AI yang Debut di YouTube Jeju Weekly Korea Selatan

- 31 Maret 2024, 01:28 WIB

 

Penyaiar Berita Teknologi AI
Penyaiar Berita Teknologi AI

PIKIRANACEH.COM | INTERNATIONAL - Pembawa berita dan presenter virtual memang sudah ada sejak lama. Namun, semakin kesini mereka semakin menjadi sangat baik sehingga organisasi-organisasi pemerintah menggunakannya untuk menggantikan tenaga manusia sekaligus demi menghemat anggaran.

Tak terkecuali Pemerintah Provinsi Pulau Jeju, di Korea Selatan, yang baru-baru ini menyewa seorang pembawa berita untuk menyelenggarakan program YouTube mingguannya, Weekly Jeju, dengan biaya yang lebih murah dari mantan karyawannya. Penyiar berita bertenaga artificial intelligence (AI) itu bernama J-na, yang namanya berasal dari kombinasi “Jeju”, “news”, dan “AI”.

 

Dilansir dari Oddity Central pada Jumat (22/3/2024), avatar virtual J-na akan membaca skrip yang dihasilkan oleh model bahasa AI seperti ChatGPT dalam siaran Weekly Jeju.

Menurut pemerintah provinsi pulau tersebut, beralih ke pembawa berita virtual adalah pilihan yang jauh lebih murah, karena J-na dan skrip pembuatan berita dilaporkan hanya berharga 600.000 won (Rp7,1 juta) per bulan.

“Mempekerjakan presenter berita manusia memerlukan biaya yang besar, jadi kami mencari alternatif dan memilih J-na,” kata seorang pejabat Pulau Jeju kepada The Korea Herald.

Saat ini, J-na bertugas menyampaikan berita di saluran YouTube. Kendati demikian, rendahnya biaya pembawa berita virtual dan peningkatan kualitas pasti membuat layanan semacam ini juga menarik bagi program berita kabel.(***)

Editor: Mustakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x