Rabu Masih Puasa Ramadhan, Sebagian Warga Aceh Berlebaran Hari Ini, Berikut Penjelasannya

- 11 April 2024, 05:55 WIB
Ilustrasi idul fitri/freepick.com/@freepik
Ilustrasi idul fitri/freepick.com/@freepik /

PIKIRANACEH.COM - Sebagian besar warga di Kabupaten Aceh Barat dan Aceh Barat Daya pada Rabu 10 April 2024 masih melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1445 Hijriah.

Padahal pemerintah pada hari itu menetapkan sudah masuk 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri 2024.

“Ribuan masyarakat muslim di Aceh Barat yang masih berpuasa ini, akan berhari raya pada Kamis 11 April,” kata Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Barat, Muhammad Isa, pada Rabu 10 April 2024.

Muhammad Isa mengatakan keputusan pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan 1445 Hijriah pada Rabu 10 April atau digenapkan menjadi 30 hari, hal ini berdasarkan hasil keputusan musyawarah dari ulama-ulama dayah (pesantren tradisional) di Kabupaten Aceh Barat.

Keputusan ini diperoleh setelah sebelumnya pada Selasa 9 April, para ulama yang ikut melihat hilal di Kompeks Rukyatul Hilal Kabupaten Aceh Barat berlokasi di Desa Suak Geudubang, Kecamatan Samatiga, tidak melihat adanya hilal karena tertutup mendung.

Atas dasar tersebut, kemudian para ulama dayah Kabupaten Aceh Barat melakukan rapat dan musyawarah, dan kemudian mengambil keputusan untuk menggenapkan bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah menjadi 30 hari.

Para ulama juga menyepakati bahwa pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, juga diperingati pada Kamis 11 April.

Muhammad Isa mengatakan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menghormati sepenuhnya perbedaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, mengingat keputusan tersebut selama ini sering terjadi.

“Adanya perbedaan Hari Raya Idul Fitri di Kabupaten Aceh Barat merupakan hal yang lumrah, karena sudah sering terjadi bertahun-tahun,” katanya.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah