Gelombang Tinggi di Ujong Kalak, Sebabkan Banjir Rob Di Aceh Barat

- 6 Mei 2024, 16:30 WIB
ilustrasi : Banjir Roba
ilustrasi : Banjir Roba /pikiran aceh/ist/

PIKIRAN ACEH | ACEH BARAT – Akibat tingginya gelombang laut di pesisir Ujong Kalak menyebabkan Gampong Pasir di Kecamatan Johan Pahlawan mengalami banjir rob atau banjir air laut sehingga menyebabkan pemukiman warga terendam banjir air laut.

Keuchik Gampong Pasir, Romi kepada wartawan mengatakan, banjir rob terjadi sejak, Minggu (5/5/2024) menyebabkan 30 rumah warga terdampak banjir air laut ini, namun tidak ada warga yang mengungsi warga, mereka masih tinggal di rumah masing-masing.

Banjir rob ini lanjut Romi terjadi karena kondisi laut pasang purnama sehingga ketinggian gelombang air laut mencapai dua sampai empat meter yang menyebabkan pemukiman warga terendam banjir.

Baca : Terungkap, Ini Penyebab Puskesmas di Aceh Barat Hentikan Layanan IGD dan Rawat Inap

Padahal di daerah ini, pemerintah sudah membangun tanggul pemecah ombak setinggi tiga meter namun tak mampu membendung air laut menuju pemukiman warga.

mengantisipasi rumah mereka terndam banjir rob, warga mengantisipasi dengan meninggikan rumah masing-masing namun halaman rumah tetap terendam air laut. Selain itu warga juga membuat saluran pembuangan kecil menuju alur yang lebih besar agar banjir rob ini cepat surut dari pemukiman warga.

Meski tidak mengungsi, Romi berharap warga tetap hati-hati akan banjir rob susulan mengingat gelombang laut saat ini masih tinggi (*)

Editor: Muhammad Nasir

Sumber: Pikiran Aceh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah