Terungkap, Ini Penyebab Puskesmas di Aceh Barat Hentikan Layanan IGD dan Rawat Inap

- 4 Mei 2024, 17:43 WIB
Ilustrasi (Net)
Ilustrasi (Net) /

 

PIKIRANACEH.COM - Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat melakukan penelusuran terhadap terhentinya layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan rawat inap di Puskesmas Woyla Barat, sehingga berdampak terhadap layanan kepada masyarakat.

“Kasus ini masih kami lakukan investigasi, kami sudah meminta keterangan terhadap pimpinan Puskesmas terhadap masalah ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah, pada Jumat 3 Mei 2024.

Ia menyebutkan, penghentian layanan IGD dan rawat inap pasien di Puskesmas Woyla Barat, Kabupaten Aceh Barat pada Kamis 2 Mei 2024 tersebut telah menyebabkan keresahan di masyarakat.

Pengumuman penghentian tersebut disampaikan melalui sebuah pengumuman tertulis yang terpasang di kaca Puskesmas Woyla Barat, Kecamatan Woyla Barat, Kabupaten Aceh Barat, sehingga kemudian masalah ini viral di media sosial.

Syarifah Junaidah mengatakan, akibat pengumuman tersebut telah menyebabkan masyarakat tidak bisa berobat, sehingga hal ini menjadi perhatian serius pemerintah daerah.

“Kami sudah mempertanyakan masalah ini ke kepala Puskesmas dan petugas terkait,” kata Syarifah Junaidah.

Kepala Puskesmas Woyla Barat, Kabupaten Aceh Barat, Linda mengatakan pemasangan pengumuman penghentian layanan IGD dan rawat inap di Puskesmas yang ia pimpin, saat ini masih ia telusuri.

“Pemasangan informasi tersebut tanpa sepengetahuan kami dan tidak pernah kami perintahkan,” kata Linda.

Ia mengakui persoalan ini terjadi karena adanya dokter yang sebelumnya bertugas di Puskesmas Woyla Barat, Kabupaten Aceh Barat, mengundurkan diri sehingga terjadi kekosongan dokter.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah