Harga Ikan di PPS Kutaraja Lampulo Berangsur Normal

- 9 Mei 2024, 11:31 WIB
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Aliman, S.Pi.,M.Si mendampingi kunjungan Dirjen PDSPKP Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Dr Budi Sulistyo, MSc di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaraja Lampulo Banda Aceh
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Aliman, S.Pi.,M.Si mendampingi kunjungan Dirjen PDSPKP Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Dr Budi Sulistyo, MSc di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaraja Lampulo Banda Aceh /Hamdani/DKP Aceh/

PIKIRANACEH.COM - Memasuki pekan kedua bulan Mei 2024, harga lelang ikan di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaraja berangsur-angsur kembali normal, setelah sebelumnya terjun bebas terutama jenis ikan dencis dan tongkol.

"Harga lelang ikan pada pekan ini sudah mulai merangkak naik menjadi Rp7.000-Rp8.000/Kg untuk ikan kualitas medium atau standar,"

Baca Juga: Cold Storage di PPS Kutaraja Lampulo Kelebihan Kapasitas, Nelayan Diminta Jaga Mutu Ikan

Sedangkan ikan kualitas premium tidak mengalami perubahan, masih di angka Rp20.000-Rp30.000/Kg. Bahkan ada yang mencapai Rp42.000/Kg,“ kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aliman, S.Pi.,M.Si, seusai mendampingi kunjungan Direktur Jenderal PDSPKP KKP Dr. Budi Sulistyo MSc, Rabu (08/05/2024).

Aliman merincikan, harga lelang ikan Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaraja Lampulo memang sempat berada pada titikterendah. Hal ini disebabkan pasokan yang masuk cukup banyak mencapai 120-130 ton/hari, sementara daya serap lokal hanya berkisar 60-70 ton/hari.

"Jika pasokan yang masuk diatas 150-160 ton/hari, maka harga otomatis akan anjlok, apalagi kualitas ikan yang dibongkar sudah dalam kondisi kurang baik atau masuk kategori BS," tambahnya.

Saat ini, kategori ikan dengan kualitas medium lisong, tongkol, dan layang dilepas dengan Rp7.000-Rp8.000/Kg dan ikan kualitas premium seperti tuna, yellow fin, cakalang harga lelangnya cukup tinggi mencapai Rp30.000-Rp40.000/Kg.

Sebagai informasi jumlah armada tangkap ikan dan boat pancing yang bersandar di kolam dermaga PPS Kutaraja Lampulo saat ini, sebut Aliman mencapai 630 unit kapal. Dari jumlah tersebut, sebanyak 249 unit, berkapasitas 30-100 Gross tonage (GT). Sisanya 381 unit, berkapasitas dibawah 30 GT. 

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah