Prediksi IHSG Hari Ini, Berikut 4 Rekomendasi Saham Cuan Pekan Ini

- 15 Mei 2023, 07:53 WIB
Prediksi IHSG Hari Ini, Berikut 4 Rekomendasi Saham Cuan Pekan Ini | NET
Prediksi IHSG Hari Ini, Berikut 4 Rekomendasi Saham Cuan Pekan Ini | NET /

PIKIRANACEH.COM - Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.707 pada Jumat 12 Mei 2023, melemah 48,17 poin atau minus 0,71 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip data RTI, tercatat asing melakukan net sell sepanjang pekan lalu mencapai Rp1,10 triliun di seluruh perdagangan. Rerata nilai transaksi sepekan tembus Rp10,1 triliun lebih rendah dibandingkan pekan sebelumnya Rp10,4 triliun.

Pengamat Pasar Modal Oktavianus Audi memperkirakan pelemahan IHSG masih akan berlanjut di pekan ini. Sebab, IHSG pada pekan lalu gagal mempertahankan minor demand zone yang menjadi support di tengah terjadinya aksi jual asing di bursa.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Pilpres Turki, Penghitungan Suara Sudah Mencapai 89,2%, Erdogan Masih Unggul


"Sejalan, indikator moving average juga menunjukkan pola death cross pada rentang jangka pendek, maka kami mengantisipasi pelemahan berpotensi akan berlanjut di pekan ketiga Mei dengan rentang pergerakan di level 6.640-6.828," ujar Audi

Menurutnya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi pergerakan IHSG pada pekan ini.

Pertama, rilis neraca perdagangan Indonesia yang akan dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada siang ini, di mana diperkirakan bakal kembali surplus US$3,2 miliar.

"Kami melihat meski terjadi penurunan harga komoditas, secara kumulatif, ekspor masih positif khususnya untuk nonmigas seiring dengan pulihnya aktivitas ekonomi China pasca covid-19," imbuhnya.

Kedua, perkiraan berlanjutnya pelemahan harga komoditas seperti pekan lalu minyak mentah yang turun 1,82 persen, batu bara turun 1,86 persen dan nikel turun 9,56 persen. Hal ini terjadi seiring dengan masih adanya kekhawatiran tentang potensi resesi AS dan perlambatan ekonomi global.

Halaman:

Editor: Muchsin Fajri


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x