Direktur IT BSI Diganti, Eks Ketua OJK Jadi Komut, RUPS BSI Rombak Management

- 23 Mei 2023, 00:06 WIB
Foto: Bank BSI (RUPS BSI Rombak Management, Pecat Direktur IT)
Foto: Bank BSI (RUPS BSI Rombak Management, Pecat Direktur IT) /

PIKIRANACEH.COM - Direktur Teknologi Informasi (IT) Achmad Syafii dan Direktur Manajemen Risiko Tiwul Widyastuti telah dicopot dari jabatan mereka oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) atau BSI. Keputusan ini diambil sebagai akibat dari gangguan layanan yang terjadi selama empat hari berturut-turut di BSI.

Achmad Syafii akan digantikan oleh Saladin D. Effendi sebagai Direktur Teknologi Informasi, sementara Grandhis Helmi H. akan mengisi posisi Direktur Manajemen Risiko.

Pergantian ini telah disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) BSI untuk tahun buku 2022 yang berlangsung hari ini, Senin (22/5).

Selain perombakan direksi sebelumnya, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) BSI juga menetapkan Muliaman Hadad sebagai Komisaris Utama (Komut) BSI, menggantikan Adiwarman A Karim yang kini menjadi Wakil Komisaris Utama. Muliaman sebelumnya menjabat sebagai Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada periode pertama, yaitu tahun 2013-2017.

Direktur Utama (Dirut) BSI, Hery Gunardi, mengapresiasi hasil keputusan RUPST tersebut. Baginya, keputusan tersebut menunjukkan dukungan kuat dari pemegang saham kepada manajemen dalam mendorong percepatan rencana ekspansi bisnis perusahaan di masa depan, terutama melalui transformasi digital dan perubahan budaya perusahaan.

“Sejalan dengan dukungan pemegang saham dan momentum pertumbuhan ekonomi, kami meyakini kinerja BSI akan terus membaik. Ke depan, kami akan terus memacu pengembangan bisnis dan layanan agar dapat memenuhi ekspektasi nasabah dan seluruh stakeholder perseroan,” kata Hery Gunardi.

Layanan perbankan BSI mengalami gangguan selama empat hari, dimulai sejak Senin, 8 Mei 2023. Gangguan tersebut meliputi jaringan ATM, mobile banking, dan kantor cabang perusahaan. Hery Gunardi juga mengakui adanya dugaan serangan siber yang menyebabkan gangguan pada layanan perbankan BSI.

“Kami menemukan indikasi dugaan serangan siber, sehingga kami perlu lakukan evaluasi dan lakukan switch off beberapa channel untuk memastikan channel kami aman,” jelas dia dalam konferensi pers, Kamis  (11 Mei 2023).

Berdasarkan hasil RUPST BSI 2022, berikut susunan komisaris perseroan:


• Komisaris Utama/Independen: Muliaman D. Hadad
• Wakil Komisaris Utama/Independen: Adiwarman Azwar Karim
• Komisaris: Suyanto
• Komisaris: Masduki Baidlowi
• Komisaris: Imam Budi Sarjito
• Komisaris: Sutanto
• Komisaris Independen: M. Arief Rosyid Hasan
• Komisaris Independen: Komaruddin Hidayat
• Komisaris Independen: Mohamad Nasir
• Komisaris: Abu Rokhmad

Halaman:

Editor: Teuku Ikhwana


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah