Pemkab Aceh Utara Kembangkan Komitmen Berkelanjutan dan Investasi Hijau

- 26 Januari 2024, 17:33 WIB
Penjabat (Pj) Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar M.Si, membuka 'Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja untuk Mengembangkan Komitmen Berkelanjutan Berbasis Yurisdiksi dan Investasi Hijau di Kabupaten Aceh Utara'
Penjabat (Pj) Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar M.Si, membuka 'Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja untuk Mengembangkan Komitmen Berkelanjutan Berbasis Yurisdiksi dan Investasi Hijau di Kabupaten Aceh Utara' /Hamdani/

PIKIRANACEH.COM - "Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menegaskan komitmennya untuk mengembangkan konsep pembangunan berkelanjutan dan investasi hijau di wilayah yurisdiksinya,"

Komitmen ini disampaikan oleh Penjabat (Pj) Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar M.Si, saat membuka 'Lokakarya Penyusunan Rencana Kerja untuk Mengembangkan Komitmen Berkelanjutan Berbasis Yurisdiksi dan Investasi Hijau di Kabupaten Aceh Utara' pada 6 Januari 2024, di One Refinery Gunung Salak.

Baca Juga: Atasi Stunting, Kejati dan DKP Aceh Bagikan Ikan Segar

Pj. Bupati menekankan bahwa setiap investasi yang dilakukan harus memastikan kelangsungan dua aspek, yakni kelangsungan investasi itu sendiri dan kelangsungan lingkungan hidup atau alam tempat investasi diterapkan. 

"Dengan demikian, tercipta keseimbangan antara peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pelestarian lingkungan hidup," kata Mahyuzar dihadapan peserta lokakarya, yang terdiri dari kepala dinas terkait, akademisi, dan organisasi masyarakat sipil.

Lokakarya ini membahas tiga tema besar, yaitu Indikator Yurisdiksi Berkelanjutan (IYB) sebagai kerangka pemantauan komitmen keberlanjutan kabupaten, penyiapan daerah dalam menyambut investasi hijau, dan penyusunan rencana aksi keberlanjutan oleh para narasumber.

Koordinator Bidang Perkebunan dan Holtikultura/Perencana Ahli Madya Direktorat Pangan Pertanian Bappenas, Puspita Suryaningtyas, yang menjadi salah satu pembicara menggarisbawahi pentingnya integrasi IYB ke dalam dokumen perencanaan pembangunan daerah. 

"Yurisdiksi berkelanjutan dan investasi hijau memerlukan sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk mencapai komitmen bersama dalam menjalankan pembangunan di tingkat daerah," ujarnya.

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah