Eskalasi Konflik Satwa dan Manusia, Haji Uma Telusuri Jejak Harimau Hingga Lapor Menteri

- 7 Mei 2023, 01:34 WIB
Anggota DPD RI asal Aceh, H. Sudirman alias Haji Uma kembali turun langsung ke lokasi munculnya harimau sumatera di sekitar area pemukiman warga di Kabupaten Aceh Timur.
Anggota DPD RI asal Aceh, H. Sudirman alias Haji Uma kembali turun langsung ke lokasi munculnya harimau sumatera di sekitar area pemukiman warga di Kabupaten Aceh Timur. /Furqan/

PIKIRANACEH.COM | DAERAH - Aceh Timur – Anggota DPD RI asal Aceh, H. Sudirman alias Haji Uma kembali turun langsung ke lokasi munculnya harimau sumatera di sekitar area pemukiman warga di Kabupaten Aceh Timur. 

Jika sebelumnya di Kecamatan Peunaron, kali ini Haji Uma mengunjungi Gampong Panton Rayeuk Teungoh Kecamatan Bandar Alam Kabupaten Aceh Timur, Rabu (3/5/2023).

Kunjungan Haji Uma ke lokasi dilakukan setelah menerima surat dari kechik gampong setempat yang melaporkan adanya harimau yang berkeliaran dekat area pemukiman warga. 

Namun sebelum ke lokasi, Haji Uma terlebih dahulu sempat melakukan koordinasi untuk pemantauan kasus hukum warga Kecamatan Peunaron yang sebelumnya meracuni harimau sumatera.  

Kedatangan Haji Uma beserta rombongan ke lokasi turut didampingi oleh sejumlah unsur muspika kecamatan Bandar Alam, Keuchik Gampong Panton Rayeuk dan warga setempat.

Menurut keterangan warga setempat, harimau sumatera mulai terlihat berkeliaran di dekat area pemukiman sejak bulan Ramadhan lalu. Bahkan, satu sapi ternak warga telah dimangsa oleh harimau sumatera.

Warga mengaku telah melaporkan masalah terkait ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), namun belum ada penanganan yang kongkrit. 

“Kita sudah melaporkan ke BKSDA dan hanya diberikan mercon untuk mengusir harimau, tak lama setelah itu sapi ternak warga dimangsa oleh harimau”, ujar salah satu warga.

Keterangan yang disampaikan warga kepada Haji Uma terbuktikan dengan temuan fakta adanya jejak kaki harimau sumatera dilokasi yang dikunjungi. Hal itu juga disaksikan oleh Camat, Danramil, Kapolsek dan warga yang ikut hadir dilokasi.

Halaman:

Editor: Mustakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah