Berhasil Tipu Emak-emak Modus Sembako Murah, Rara Raup Keuntunngan 2 Miliar, Ditangkap di Aceh

- 16 Mei 2023, 00:18 WIB
Rara, Pelaku Penipuan Sembako Murah
Rara, Pelaku Penipuan Sembako Murah /

PIKIRANACEH.COM | DAERAH -  Satuan Reskrim Polresta Banda Aceh menangkap pelaku penipuan jual beli sembako murah yang telah merugikan puluhan warga Banda Aceh dan Aceh Besar. Total nilai penipuan yang terjadi pada Februari 2023 sebesar Rp 2 miliar.

"Pelaku berinisial NB alias Rara, warga Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, yang bersangkutan kami tangkap di sebuah rumah dalam Kecamatan Kutaraja Banda Aceh," kata Kasat Reskrim Polresta Banda Aceh Kompol Fadillah Aditya Pratama, di Banda Aceh, Senin (15/5/2023).

Baca Juga: Ada Kemajuan, Anak Aceh Jago Taktik Perang, Raih Emas di SEA Games Kamboja Cabang e-Sport PUBG

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 63 warga Banda Aceh tertipu dengan tawaran sembako murah yang dilakukan NB. Dalam laporan awal, taksiran kerugian para korban pun mencapai Rp 677 juta. Namun, hingga saat ini kerugian para korban mencapai Rp 2 miliar rupiah dengan jumlah korban sebanyak 63 orang.

Fadillah mengatakan, penangkapan terhadap pelaku setelah dilakukan penyelidikan berkat laporan dari para warga yang menjadi korban.

Baca Juga: Ransomware BSI dan Riuh Qanun LKS

"Dalam penangkapan ini kami mengamankan barang bukti berupa satu buku catatan pemesanan barang sembako murah tersebut," ujarnya.

Fadillah menjelaskan, modus yang dilakukan pelaku tersebut dengan cara menawarkan sembako murah seperti beras, minyak goreng, gula pasir, hingga sirup. Namun, barangnya tak pernah diserahkan dan diterima para korban.

"Korban mentransferkan uang kepada pelaku, namun barang tak pernah datang," katanya.

Halaman:

Editor: Mustakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah