Istri Irwandi Yusuf Diperiksa KPK Terkait Dugaan Korupsi Mantan Panglima GAM

- 19 Mei 2023, 16:18 WIB
/FOTO/INSTAGRAM @steffyburase

PIKIRANACEH.COM - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Fenny Steffy Burase Istri muda mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf terkait kasus dugaan korupsi dengan tersangka Izil Azhar (IA) alias Ayah Merin atau mantan Panglima GAM wilayah Sabang.

"Hari ini (19/5) pemeriksaan saksi TPK gratifikasi terkait proyek pembangunan infrastruktur di Provinsi Aceh untuk tersangka IA. Saksi diperiksa Fenny Steffy Burase, swasta," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, dikutip detikcom pada Jumat 19 Mei 2023

Pemeriksaan Steffy berlangsung di Kantor KPK di Jalan Kuningan Persada Kav. 4 Setiabudi, Jakarta Selatan. Ali belum memberikan keterangan lebih lanjut keterkaitan Steffy dalam kasus itu.

KPK sebelumnya juga pernah memeriksa istri Irwandi bernama Darwati A Gani serta anaknya Teguh Agam Meutuah. Pemeriksaan keduanya berlangsung di Mapolda Aceh pada Rabu 3 Mei 2023 lalu.

Lembaga anti rasuah itu juga telah mencekal Irwandi Yusuf ke luar negeri. Irwandi pernah diperiksa dalam kasus dugaan gratifikasi dengan tersangka mantan panglima GAM Sabang Izil Azhar alias Ayah Merin.

"KPK melakukan upaya cegah untuk tidak melakukan bepergian keluar negeri terhadap satu orang pihak terkait," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan pada Senin 6 Maret 2023.

Irwandi pernah diperiksa sebagai saksi di kasus suap gratifikasi dengan tersangka Izil Azhar. Irwandi mengklaim namanya dicatut oleh Izil.

"Kan tidak benar, aku nggak tahu. Nama aku dicantumkan di situ aku nggak tahu. Tahunya setelah jadi kasus," kata Irwandi di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (16/2).

Diketahui, Ayah Merin merupakan tersangka salah satu tersangka kasus dugaan gratifikasi proyek dermaga Sabang yang juga melibatkan mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf. Izin diumumkan KPK masuk daftar pencarian orang sejak 26 Desember 2018.

Halaman:

Editor: Zainal Abidin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah