Dayah Wakaf Barbate Kebun Kurma Terima Santri Baru Angkatan Ke-2

- 5 Juli 2023, 17:58 WIB
Pengurus YWBIC Aceh bersama Pimpinan Dayah Wakaf Barbate melakukan persiapan penyambutan santri baru Tahun Ajaran 2023/2024
Pengurus YWBIC Aceh bersama Pimpinan Dayah Wakaf Barbate melakukan persiapan penyambutan santri baru Tahun Ajaran 2023/2024 /Hamdani/Zulfikar/

PIKIRANACEH.COM - Dayah Wakaf Barbate Kebun Kurma Blang Bintang Yayasan Wakaf Barbate Islamic City (YWBIC) Aceh, kembali menerima dan telah merekrut santri baru angkatan ke-2 Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 24 orang dengan kriteria yatim, piatu, yatim-piatu, fakir-miskin, dan dari kalangan muallaf.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Penyambutan Santri Baru Dayah Wakaf Barbate Zulfikar, S.Ag.,M.Sc.Mgt kepada PIKIRANACEH.COM seusai menggelar rapat persiapan penyambutan santri tersebut, Selasa (04/07/2023).

Baca Juga: BREAKING NEWS: Presiden Tunjuk Achmad Marzuki Jadi Pj Gubernur Aceh Periode 2023-2024

Rekrutmen telah dilakukan oleh tim seleksi berdasarkan Surat Pengurus Yayasan Wakaf Barbate Islamic City (YWBIC) Nomor : 09/A/YWBIC-ACEH/V/2023 tanggal 15 Mei 2023 Perihal hasil rekrutmen calon santri untuk belajar di Dayah Wakaf Barbate Kebun Kurma Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar yang diketuai oleh Drs. H. Aiyub, MA.

Mereka berasal dari 11 Kab/Kota yakni Kab. Simeulue, Aceh Singkil, Aceh Selatan, Kota Subulussalam, Nagan Raya, Aceh Jaya, Aceh Besar, Aceh Utara, Bener Meriah, Aceh Tengah dan Pidie.

Zulfikar yang juga Sekretaris Umum YWBIC mengatakan, "pendidikan di Dayah Wakaf Barbate adalah santri yang diterima (hasil rekrutmen) tim yang telah dibentuk turun langsung ke lokasi/daerah adalah gratis (tidak berbayar) tapi pengurus YWBIC yang berikhtiar menjemput/mencari rezeki dari donatur dalam bentuk sedekah, infaq, zakat dan wakaf."

Baca Juga: Haji Asal Aceh Harus Ditunda Kepulangannya Gegara Paspor Hilang

Zulfikar menambahkan, kegiatan rekrutmen yang telah dilakukan dengan mengunjungi ke Madrasah Ibtidaiyah/SD di kecamatan & gampong yang termiskin/terpencil di Kab/Kota di Aceh. Hal ini sejalan dengan strategi percepatan penurunan kemiskinan Aceh yang sedang dilakukan oleh Pemerintah Aceh yaitu mengurangi beban penduduk miskin, menguatkan kapasitas penduduk miskin dan meningkatkan pendapatan penduduk miskin.

"Insyaallah kita nanti akan adakan acara resmi penyambutan mereka memasuki masa belajar dan pengenalan Dayah Wakaf Barbate sekaligus serah terima pengurus yayasan kepada pimpinan dayah dan pendidikan umum pada hari Sabtu, 15 Juli 2023," ungkap Zulfikar.

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah