LP3H Yayasan Matahari Aceh Gelar Pelatihan Tenaga Pendamping Proses Produk Halal

- 17 Juli 2023, 11:40 WIB
Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal LP3H Yayasan Matahari di Hermes Hotel
Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal LP3H Yayasan Matahari di Hermes Hotel /Hamdani/

 

PIKIRANACEH.COM - Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Yayasan Matahari bersama mitra Bank Indonesia Kantor Perwakilan Aceh melatih calon Pendamping Proses Produk Halal (PPPH) Halal di Hermes Hotel, Senin (17/07/2023).

Pelatihan direncanakan akan berlangsung selama dua hari sejak 17 Juli - 18 Juli 2023 diikuti oleh 319 calon pendamping dengan metode tatap muka (luar jaringan) sebanyak 30 orang dan sisanya dalam jaringan (online) menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Baca Juga: Putra Aceh Dilantik Sebagai Wakil Menteri Hari Ini

Direktur Yayasan Matahari sekaligus penanggung jawab kegiatan Pujo Basuki kepada media mengatakan, "pelatihan tenaga PPPH baru dilakukan dalam rangka untuk memperkuat sumberdaya manusia atau menambah jumlah PPPH dari yang ada saat ini,"

Dengan bertambahnya PPPH, maka diharapkan dapat mempercepat proses sertifikasi halal produk UMKM yang ada di seluruh Aceh dan diberbagai wilayah Indonesia dalam rangka mencapai target pemerintah.

Bersama Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Aceh yang menjadi fasilitator kegiatan, Pujo menekankan pentingnya melakukan percepatan proses sertifikasi halal produk UMKM yang sekarang beredar di pasar melalui bantuan PPPH, dengan memanfaatkan program sertifikasi gratis skema self declare yang sedang dibuka oleh BPJPH Kemenag RI.

Pelatihan ini sendiri, kata Pujo, untuk membekali pengetahuan calon PPPH baru yang nanti akan membantu pelaku usaha di daerah masing-masing. Namun untuk menjadi PPPH mereka harus lulus (pre test-post test) pelatihan yang diikuti dalam dua hari ini dan wajib teregister di BPJPH sebagai PPPH Yayasan Matahari.

Halaman:

Editor: Hamdani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah